Bagikan:

YOGYAKARTA – Nyeri pada tangan merupakan masalah kesehatan yang tak boleh dianggap remeh. Selain menimbulkan rasa sakit, kondisi ini juga bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terdapat beberapa penyebab tangan sering linu, apa saja? simak informasi selengkapnya berikut ini.

 Penyebab Tangan Sering Linu

Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa hal yang menjadi penyebab tangan sering terasa linu, antara lain:

  • Trauma: Trauma adalah kondisi yang timbul sebagai akibat dari pengalaman atau peristiwa buruk yang dialami oleh seseorang, seperti jatuh dengan posisi pergelangan yang salah. Hal ini, mengakibatkan keseleo atau bahkan patah tulang. Penyebab pastinya terkadang sulit untuk diketahui karena memerlukan waktu agar terlihat dalam X-ray.
  • Sindrom Carpal Tunnel: Ini adalah sebuah kondisi saraf terjepit di siku. Kondisi ini biasanya akan mengakibatkan tiga jari tangan (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) mati rasa, kesemutan, hingga nyeri. Jika Anda mengalami gejala terseut, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.
  • Asam Urat: Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi karena ada penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri di pergelangan tangan.
  • Gerakan Berulang: Seseorang yang kerap melakukan pekerjaan atau aktivitas yang berulang-ulang tanpa henti bisa mengalami nyeri pergelangan tangan. Beberapa kegiatan yang berpotensi menyebabkan hal ini adalah mengetik atau menulis (kram penulis), menyetir, hingga olahraga golf.
  • Osteoarthritis: Kendati kasusnya jarang, tangan sering linu juga bisa disebabkan oleh osteoarthritis. Penyakit ini dapat mengakibatkan sendi kaku hingga bengkak karena pelindung tulang rawan memburuk. Hal ini dapat terjadi pada mereka yang kerap mengalami cedera pada pergelangan tangan.
  • Rheumatoid Arthritis: Ini adalah kondisi peradangan pada pergelangan tangan yang terjadi karena kelainan daya tahan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini mengyebabkan kedua pergelangan tangan terasa nyeri.
  • Psoriatic Arthritis: Jenis peradangan yang terjadi akibat kelainan pada kulit.

Cara Mengatasi Tangan yang Sering Linu

Apabila gejala yang dirasakan masih ringan, ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan di rumah untuk mengatasi tangan yang sering linu, antara lain:

  • Melepaskan perhiasan dari tangan yang terasa linu atau mengalami cedera agar tidak sulit dilepas jika mengalami pembengkakan.
  • Mengistirahatkan pergelangan tangan yang terasa nyeri atau linu. Anda bisa mengompresnya dengan es untuk mengurangi peradangan.
  • Apabila terdapat luka luar, obati dengan baik supaya lukanya tidak memburuk.
  • Melindungi tangan dari lingkungan yang dingin menggunakan sarung tangan.
  • Jangan menimpa pergelangan tangan yang terasa linu ketika berbaring, supaya tidak menghambat sirkulas darah.

Selain itu, cara mengatasi tangan yang sering linu juga bisa dilakukan dengan meminum obat pereda nyeri. Akan tetapi, untuk kondisi yang semakin memburuk, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk berbagai kasus tertentu seperti patah tulang yang mendalam, sindrom carpal tunnel, memperbaiki kerusakan tendon atau sendi, atau kondisi kronis lainnya.

Demikian informasi tentang penyebab tangan sering linu dan cara mengatasinya. Semga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.