Jenis Makanan dan Minuman yang Baik untuk Penghilang Stres
Ilustrasi makanan sehat (Dan Gold 4-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Stres adalah hal yang umum dialami semua orang. Stres sendiri merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun psikis terhadap suatu perubahan yang terjadi di lingkungan.  

Stres akut bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik jika tidak ditangani dengan baik. Stres bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti jantung hingga depresi, misalnya.

Tapi, tahukah Anda jika ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan stres? Mengutip informasi dari laman Healthline berikut VOI rangkumkan sejumlah daftar makanan dan minuman penghilang stres yang juga baik untuk konsumsi diet.

Matcha

Matcha dapat dikonsumsi sebagai minuman penghilang stres. Jenis teh hijau ini cukup populer dikalangan penggemar kesehatan sebab kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stres.

Matcha merupakan sumber asam amino yang lebih baik dibanding jenis teh hijau lainnya, sebab terbuat dari teh hijau pilihan yang ditanam di tempat teduh. Proses ini mampu meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

Ubi jalar

Ubi jalar juga bisa Anda konsumsi sebagai makanan penghilang stres. Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kaya nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar hormone kortisol.

Ubi jalar merupakan sumber makanan utuh yang mengandung karbohidrat yang sangat baik serta dikemas dengan berbagai nutrisi untuk merespon stres seperti vitamin C dan potasium.

Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kubis, sejenis lobak. Makanan fermentasi seperti kimchi sangat baik dikonsumsi sebagai penghilang stres sebab mengandung bakteri baik probiotik, vitamin, mineral, serta antioksidan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya probiotik seperti kimchi memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Sebab adanya interaksi antara probiotik dengan usus, yang secara langsung dapat memengaruhi suasana hati anda.

Telur

Telur dianggap sebagai multivitamin alami sebab kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh sebagai penangkal stres.

Selain itu, telur juga mengandung kolin yang berperan penting bagi kesehatan otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa kolin sangat baik dalam merespon stres dan menaikan mood.

Kerang

Kerang sangat baik sebagai makanan penghilang stres. Kerang mengandung asam amino tinggi seperti taurin yang telah berpotensi meningkatkan mood. Taurin dan asam amino lain dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin yang penting untuk mengatur respon stres.

Ikan

Jenis ikan seperti ikan kembung, ikan haring, salmon, dan sarden bisa Anda nikmati sebagai makanan penghilang stres karena banyak mengandung lemak omega-3 dan vitamin D, jenis nutrisi yang terbukti dapat membantu menurunkan tingkat stres dan menaikan suasana hati.

Kekurangan omega-3 dan vitamin D bisa menimbulkan kecemasan dan meningkatkan risiko depresi.

Teh Chamomile

Chamomile merupakan ramuan obat yang sudah digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stress alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti untuk meningkatkan tidur nyenyak dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain itu, teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Mengonsumsi teh chamomile secara rutin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan penghilang stres yang mudah ditemukan. Biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin E dapat diasosiasikan dengan perubahan mood dan depresi.

Selain vitamin E, makanan penghilang stres seperti biji bunga matahari pun terdiri dari beragam nutrisi penting seperti magnesium, mangan, selenium, zinc, dan vitamin B.