5 Olahraga yang Bisa Bakar Kalori dengan Cepat serta Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pada dasarnya, menurunkan berat badan tak hanya dilakukan dengan memangkas asupan makanan. Pola makan yang tepat harus dikolaborasikan dengan olahraga teratur agar proses penurunan berat badan jadi maksimal.

Agar proses penurunan berat badan maksimal, berikut beberapa rekomendasi olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba ikuti, mengutip laman Eat This, Senin, 29 Mei.

1. Berenang

Berenang adalah olahraga yang membutuhkan gerakan dari seluruh tubuh. Banyak personal trainer menganggap berenang sebagai latihan kardio intensitas rendah. Yang dapat membantu membakar kelebihan kalori dan membentuk otot.

Gerakan seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, bahkan gaya bebas dapat mempercepat pembakaran kalori. Menurut World Health, berenang dengan beberapa gaya selama 30 menit mampu membakar 367 hingga 404 kalori dalam tubuh. Aktivitas fisik ini membuat tubuh Anda bergerak melawan resistensi, sehingga lemak tubuh terbakar dan membentuk otot.

2. Zumba

Jika Anda sedang mencari olahraga berkelompok yang menyenangkan, zumba bisa menjadi pilihan bagus untuk menurunkan berat badan. Zumba merupakan jenis latihan aerobik intensitas tinggi yang melibatkan gerakan rumit. 

Penelitian menunjukkan bahwa zumba dapat secara signifikan berpengaruh pada proses penurunan berat badan dengan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Mengikuti kelas zumba selama satu jam dapat membakar rata-rata 500 hingga 800 kalori. Meski usia, genetik, dan intensitas latihan jadi faktor penentu penurunan berat badan, tapi jika Anda berusaha maka hasilnya akan terlihat dalam waktu singkat. 

3. Main Basket

Basket jadi salah satu olahraga favorit menurunkan kalori tubuh. Bermain basket selama 30 menit bisa membakar sebanyak 288 kalori. Basket mengombinasikan gerakan melompat dan latihan ketahanan sehingga seluruh tubuh Anda pun ikut bergerak. 

Selain membantu menurunkan berat badan, olahraga ini juga dapat meningkatkan suasana hati, kesehatan tulang, mengurangi stres, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, serta meningkatkan kesehatan jantung, dilansir dari Webmd.

4. Panjat Tebing

Jika berbicara tentang olahraga yang menyenangkan, maka panjat tebing harus berada di urutan teratas. Bagi pemula, Anda bisa minta tolong seorang profesional bersertifikat untuk mengajari Anda melakukan olahraga ini. 

Menurut WebMD, panjat tebing adalah latihan seluruh tubuh yang mengaktifkan perut, kaki, lengan, glutes, dan punggung, memaksa Anda untuk menggunakan hampir semua area tubuh Anda untuk memanjat. Olahraga ini menggabungkan kekuatan dan kerja aerobik yang akan meningkatkan pembakaran kalori di siang hari, membantu upaya penurunan berat badan.

Penelitian memperkirakan bahwa kalori dapat terbakar sekitar 480 hingga 660 kalori per jam saat panjat tebing. Namun berhati-hatilah karena tingkat intensitas olahraga ini tinggi, jadi mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri.

5. Bersepeda

Olahraga populer ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan selain penurunan berat badan. Studi menemukan bahwa bersepeda dapat meningkatkan kebugaran seseorang, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan bahkan kematian.

Dari pemula hingga profesional, Harvard Health Publishing melaporkan bahwa mengikuti 30 menit sesi latihan dapat membakar 210 hingga 441 kalori, tergantung pada berat tubuh dan intensitas latihan. Tetapi terlepas dari kecepatan yang Anda putuskan, ini adalah latihan yang dapat mendukung penurunan berat badan dengan cepat dan meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan.