Bagikan:

YOGYAKARTA – Pembakaran kalori dalam olahraga ternyata beda-beda, baik berupa push up, sit up, bahkan yoga. Setiap gerakan punya porsi pemakaran kalorinya sendiri-sendiri. Salah satu yang kerap ditanyakan adalah push up membakar berapa kalori?

Menghitung Gerakan Push Up Membakar Berapa Kalori

Olah raga push up kerap dilakukan karena gerakannya mudah sekaligus tak membutuhkan ruang luas dan persiapan yang banyak. Anda bahkan bisa push up di kamar tidur. Push up juga membantu melatih otot tubuh terutama di bagian dada, bahu, dan trisep agar lebih kuat.

Push up tidak hanya menguatkan otot namun juga membantu pemkaaran kalori lebih cepat. Namun, terkait berapa kalori yang terbakar tentu tergantung pada banyak hal. Faktor yang berpengaruh pada pembakaran kalori saat push up seperti durasi push up, berat badan Anda, teknik push up yang Anda gunakan, apakah gerakan push up benar atau tidak, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan studi tentang satu latihan CrossFit populer yang disebut "Cindy", dikutip dari InStyle, dikatakan bahwa seseorang akan membakar kalori dengan melakukan serangkaian pull up, push up, dan squat dalam satu putaran.

Rata-rata olahraga tersebut membakar 13 kalori per menit. Artinya, saat Anda melakukan gerakan tersebut selama 20 menit, Anda mungkin bisa membakar rata-rata 260 kalori. Namun jumlah kalori yang dibakar tentu tergantung dengan banyak faktor.

Dikutip dari fatsecret.co.id, seseorang yang melakukan senam berat seperti push up dengan berat badan 70 kg mampu membakar kalori sebanyak 49 kalori saat ia push up selama 5 menit, bisa membakar 98 kalori saat ia push up selama 10 menit, 147 kalori saat senam selama 15 menit, bahkan bisa membakar 294 kalori saat ia push up selama 30 menit. Perhitungan ini tentu saja bersifat prediksi.

Push up membantu membakar kalori, namun berapa kalori yang harus dibakar untuk menurnkan berat badan sebanyak 1 kg?

Olahraga Pembakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Push up meang bisa membantu menurunkan kalori. Namun untuk menurnkan berat badan 1 kg, seseorang harus tahu rumusnya. Selain menjaga pola makan, menghindari minuman tinggi kalori, dan asupan kalori, Anda juga harus melakukan push up sesuai aturan.

Pada orang dewasa, Anda perlu membakar kalori sekitar 500 hingga 1.000 kalori per hari demi mengurangi 0,5 hingga 1 kg berat badan Anda tiap minggunya. Untuk mencapai angka pembakaran kalori ini, Anda bisa melakukan kombinasi push up dengan olah raga lain. Adapun olahraga kombinasi push up adalah sebagai berikut.

  1. Lat Pulldown

Anda bisa melakukan lat pulldown dengan durasi 30 menit dengan kecepatan sedang. Olahraga ini mampu membakar sekitar 224 kalori. Selain itu lat pulldown mampu menambah kekuatan dan menurunkan berat badan.

  1. Jump Squat

Jum squat cukup efektif membakar kalori dan mendukung program penurunan berat badan. Dengan 30 jump squat dalam 10 set dengan jeda sekitar 30 detik, kalori yang bisa terbakar mencapai 100 kalori.

  1. Berenang

Anda bisa menurunkan berat badan dengan berenang. Olahraga ini juga membantu menurunkan stres dan bisa dilakukan oleh Anda yang mengalami kesulitan mobilitas karena obesitas atau masalah sendi.

Jumlah kalori yang terbakar saat berenang pun cukup tinggi. Saat Anda berenang selama 30 menit, kalori yang terbakar rata-rata mencapai 200 kalori.

Itulah jawaban atas pertanyaan push up membakar berapa kalori. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.