Tanpa Ribet, Ini 7 Olahraga Harian yang Bisa Dilakukan Wanita untuk Turunkan Berat Badan
Ilustrasi (MART Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda bertanya-tanya mengapa sulit menurunkan berat badan meski pola makan sudah terjaga. Ketahuilah bahwa dibandingkan dengan pria, wanita biasanya mengalami penurunan tingkat metabolisme. Dalam istilah awal, tubuh wanita tidak menggunakan banyak kalori untuk melakukan fungsi tubuh seperti sirkulasi darah, pernapasan, dan berpikir. Kalori yang tersisa disimpan sebagai lemak. 

Jadi, apa yang harus dilakukan agar bentuk tubuh tetap ideal? Nah, saatnya meningkatkan latihan kardio dan kekuatan. Serta imbangi dengan diet seimbang. Berikut tips olahraga untuk turunkan berat badan

Jalan kaki

Meski sering dianggap bukan sebagai aktivitas olahraga, jalan kaki jadi salah satu kebiasaan paling berdampak yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki bisa setiap hari bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Agar hasilnya maksimal, sisakan waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk jalan kaki.

Squats

"Squat memberi efek pada glutes, paha depan, dan paha belakang Anda, membantu membangun otot tanpa lemak yang meningkatkan metabolisme Anda," jelas Tyler Read, founder PTPioneer.com, dilansir dari Eat This, Kamis, 20 Juli.

Gerakannya cukup mudah. Buka kaki Anda selebar bahu di lantai. Letakkan tangan di pinggul, dada, atau rentangkan di depan Anda agar tubuh jadi stabil. Untuk mengintensifkan latihan ini, Anda juga bisa memegang satu set dumbel di samping tubuh. Mulailah squat dengan menekuk lutut dan menekan pinggul ke belakang. Turunkan badan sampai paha Anda sejajar dengan lantai atau lebih rendah. Dorong kedua kaki untuk kembali berdiri. Selesaikan tiga set 12 hingga 15 repetisi.

Pushup

Suka atau tidak, pushup jadi olahraga pembakar kalori yang sangat baik. Menurut Read, pushup bagus untuk mengencangkan tubuh bagian atas dan inti. Jika push-up klasik terlalu sulit, mulailah dengan push-up lutut atau push-up dinding.

Untuk melakukan push-up standar, mulailah dengan posisi plank dan turunkan dada dan tubuh Anda ke lantai dengan menekuk siku dan bahu sambil mempertahankan otot inti. Saat tubuh Anda sekitar satu inci dari tanah, angkat badan dengan kedua tangan untuk kembali ke posisi atas.

Untuk membuatnya lebih sulit, Anda dapat mendekatkan kedua tangan atau menggeser tubuh ke depan sambil menahan tangan di tempat untuk mengurangi daya ungkit dan meningkatkan kesulitan otot. Untuk level advanced, Anda dapat melakukan push-up satu tangan.

Lunges

Lunges merupakan latihan produktif lainnya yang melatih tubuh bagian bawah, termasuk paha depan, paha belakang, dan bokong. Untuk memulai, ambil langkah besar ke depan dengan satu kaki. Tekuk lutut Anda untuk memulai lunge, dan turun. Jaga agar tubuh bagian atas tetap lurus, dan pastikan lutut depan tidak melebihi jari kaki. Kemudian, dorong badan dengan tumit depan untuk kembali berdiri. Bawa kaki belakang Anda ke depan untuk menyelesaikan lunges. Lakukan tiga set 12 hingga 15 repetisi per kaki.

Mountain climbers

Bersiaplah untuk membuat seluruh tubuh bekerja dan tingkatkan detak jantung Anda dengan gerakan mountain climbers. Untuk memulai, asumsikan papan tinggi dengan tangan di bawah bahu dan kedua kaki terentang di belakang Anda. Angkat lutut kanan ke arah dada dengan cepat sebelum merentangkannya ke belakang. Kemudian, ulangi gerakan yang sama dengan lutut kiri Anda. Lanjutkan bergantian saat Anda melakukan tiga set dengan 30 repetisi.

Lompat tali

Lompat tali dapat membakar sejumlah besar kalori dalam waktu singkat dan bekerja baik untuk tubuh bagian bawah maupun atas. Mulailah dengan melompat selama satu menit, tarik napas selama 30 detik, dan ulangi. Setelah Anda membangun stamina, buat tujuan untuk menyelesaikan lompatan yang lebih lama, seperti dua hingga tiga menit berturut-turut.

Plank

Adapun langkah-langkah melakukan plank yakni, berbaring telungkup di atas matras atau lantai. Angkat tubuh Anda dan jadikan lengan bawah sebagai tumpuan. Posisikan dengan nyaman siku di bawah lengan. Kunci bagian perut, paha dalam, dan bokong. Pastikan lutut tidak menyentuh lantai atau matras. Posisi punggung harus sejajar dan tubuh rileks Lakukan latihan plank selama 20 detik. Beri jeda dan lakukan 2-3 kali repetisi.