Efektif Turunkan Berat Badan, Plank 1 Menit Membakar Berapa Kalori?
Ilustrasi. (dnice143/Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Plank 1 menit membakar berapa kalori? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh seseorang yang ingin melakukan plank. Pasalnya, latihan ini diklaim efektif untuk membakar lemak sekaligus memperkuat otot inti tubuh.

Tak hanya itu, latihan plank yang yang dilakukan secara teratur dan rutin juga dapat membentuk perut sixpack sehingga terlihat lebih kencang.

Latihan Plank Adalah

Plank merupakan latihan untuk mengolah otot inti tubuh (serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot pada bagian sekitar panggul) dengan gerakan sederhana menggunakan lengan bawah sebagai titik tumpuana.

Plank melibatkan beberapa kelompok otot tubuh yang saat bersamaan menjadi sangat efektif untuk memperkuat otot ini.

Tidak ada aturan resmi mengenai durasi permanen yang dibutuhkan untuk melakukan plank. Sebagai pemula bisa coba 10-15 detik, kemudian ulangi beberapa sesi secara berkala.

Manfaat Plank untuk Menurunkan Berat Badan

Menyadur Healthline, ada beberapa manfaat plank untuk menurunkan berat badan, antara lain:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Latihan plank dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sekaligus membakar kalori. Pembakaran kalori akan terus terjadi, bahkan ketika Anda sudah selesai melakukan plank.

2. Bisa Menambah massa otot

Kendati gerakannya sederhana dan mudah dilakukan, latihan plank bisa digunakan untuk membangun massa otot tubuh.

3. Memperbaiki potur tubuh

Latihan plank juga bisa memperbaiki postur tubuh, khususnya tulang belakang bagian punggung agar lebih tegap.

Cara Melakukan Latihan Plank

Latihan plank sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya saja, setiap gerakan harus dilakukan dengan benar agar terhindar dari risiko cedera.

Latihan Plank
Ilustrasi latihan plank (Pixabay). 

Plank selama 20 detik dengan mempertahankan tubuh dengan benar, jauh lebih efektif membangun massa otot ketimbang plank satu menit tetapi posisinya tidak benar atau kurang tepat.

Adapun langkah-langkah melakukan plank yakni:

  • Berbaring telungkup di atas matras atau lantai
  • Angkat tubuh Anda dan jadikan lengan bawah sebagai tumpuan
  • Posisikan dengan nyaman siku di bawah lengan
  • Kunci bagian perut, paha dalam dan bokong
  • Pastikan lutut tidak menyentuh lantai atau matras
  • Posisi punggung harus sejajar dan tubuh rileks
  • Lakukan latihan plank selama 20 detik. Beri jeda dan lakukan 2-3 kali repetisi.

Plank 1 Menit Membakar Berapa Kalori?

Dikutip VOI dari Health, latihan plank bisa membakar kalori tubuh sebesar 12 kkal per putaran. Putaran yang dimaksud adalah saat Anda melakukan gerakan plank seperti berdiri dengan kaki selebar pinggul, bungkukkan badan hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai. Dorong kedua tangan ke depan menggunakan bantuan otot perut tanpa menggerakkan kaki. Kemudian ulurkan kedua tangan ke depan hingga terentang menjadi posisi memanjang.

Selanjutnya, seret tangan ke belakang (seperti menapakkan kaki) menuju jemari kaki hingga ke posisi awal, sembari menjaga otot perut tetap kencang. Apabila Anda sanggup melakukan repetisi gerakan ini sebanyak 10 kali, berarti Anda telah membakar 120 kkal.

Hanya saja, yang perlu di garisbawahi, jumlah kalori yang terbakar saat plank bisa berbeda-beda, tergantung berat badan serta seberapa sering Anda melakukannya.

Semakin banyak repetisi gerakan yang Anda lakukan, semakin besar pula jumlah kalori yang dibakar. Berikut besaran kalori yang akan terbakar ketika melakukan plank dalam waktu satu menit:

  • Pemilik berat badan 50 kg akan kehilangan 2 kkal per menit ketika melakukan plank
  • Pemilik berat badan 58-70 kg bisa kehilangan 3-4 kkal per menit saat latihan plank
  • Pemilik berat badan 79 kg ke atas akan kehilangan 4-5 kkal per menit berkat latihan plank.

Demikianlah jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan plank selama satu menit. Bagaimana, ingin mencoba latihan plank?