Hindari 11 Minuman Tinggi Kalori Ini, Bisa Ganggu Program Diet
Ilustrasi minuman tinggi kalori (Unsplash/The Nguyen)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda tengah menjalankan program diet, sangat disarankan untuk menghindari minuman tinggi kalori. Hal itu dilakukan untuk menjaga berat badan dengan baik selama diet.

Daftar Minuman Tinggi Kalori

Patut diketahui, kalori adalah jumlah energi yang didapat dari minuman yang kita konsumsi. Kalori tak hanya didapat dari makanan saja, namun pada minuman. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan kalori yang masuk dalam tubuh saat progra diet. Berikut minuman dengan kalori tinggi yang dirangkum untuk Anda, diambil dari berbagai sumber.

  1. Kopi

Minuman ini sangat familiar, bahkan menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Di balik manfaatnya, siapa sangka bahwa kopi memiliki kalori yang cukup tinggi. Tak peduli kopi yang Anda pesan, minuman ini mengandung sekitar 500-650 kalori di setiap gelasnya.

  1. Teh Manis

Seperti halnya kopi, teh juga menjadi bagian dari gaya hidup yang sering dinikmati saat bersantai. Teh manis tidak hanya disajikan dengan cara hangat namun juga ditambah es. Namun tahukah Anda bahwa teg manis akan berpengaruh pada hasil diet karena minuman ini mengandung kalori tinggi.

  1. Jus Apel

Ternyata tak semua jus bisa mendukung program diet Anda, jus apel jadi pengecualian. Dalam jus apel terdapat kandungan 28 gram karbohidrat dan 117 kalori dalam satu gelasnya. Jus apel memang menyehatkan jika diolah dengan benar dan tepat, namun Anda tetap harus memperhatikannya.

  1. Jus Buah Kemasan

Anda juga disarankan untuk menghindari jus buah kemasan. Meski mengandung vitamin, nutrisi dan mineral, konsumsi jus buah kemasan juga harus diperhatikan. Pasalnya jus jenis ini biasanya mengandung bahan tambahan lain seperti pengawet atau gula buatan yang mengancam kesehatan Anda.

  1. Minuman Bersoda

Tak hanya minuman soda, minuman bersoda juga mengandung gula yang cukup tinggi hingga memicu diabetes, obesitas, gangguan daya ingat, dan gangguan kesehatan lain. Anda harus sangat hati-hati saat mengonsumsi minuman jenis ini.

  1. Minuman Penambah Energi

Iklan di televisi kerap mempertontonkan kesegaran minuman penambah energi. Namun, Anda harus mewaspadai kandungan gula di dalamnya. Alih-alin menyegarkan badan, minuman tinggi kalori ini bisa mengganggu kesehatan. Dalam minuman ini terkandung 62 gram gula serta 280 kalori.

  1. Jus Jeruk

Tak hanya jus apel dan jus kemasan, jus jeruk ternyata mengandung kalori yang tinggi. Di setiap gelasnya, terdapat kurang lebih 115 hingga 117 kalori yang jika dikonsumsi berlebihan akan mengganggu kesehatan Anda.

  1. Alkohol

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol, agaknya harus memperhatikan kalorinya saat menjalani program diet. Pasalnya, minuman ini jelas mengandung gula sehingga tinggi kalori. Pada anggur putih misalnya, kalori yang terkandung dalam satu gelas mencapai 250 kalori. Sedangkan dalam satu gelas pina colada terkandungan sekitar 700 kalori.

  1. Smoothies

Smoothies bisa menyehatkan untuk tubuh, namun bisa jadi sumber masalah untuk kesehatan. Saat membuat smoothies, Anda harus memperhatikan campurannya. Pasalnya beberapa orang mencampurkan gula atau susu kental manis dalam smoothies. Alih-alih diet, Anda malah bisa terkena diabetes.

  1. Sirup

Siapa tak suka sirup? Bahan minuman ini kerap dicampur dengan minuman atau sajian makanan lain. Sirup ternyata menyumbang kalori yang cukup tinggi karena kandungan gulanya. Dalam satu gelas sirup terkandung kurang lebih 150 kalori.

  1. Susu Kental Manis

Penggunaan susu kental manis biasa digunakan dalam sajian minuman seperti kopi susu. Di sisi lain susu kental manis sangat tinggi gula. Kalori yang terkandung dalam kental manis sebesar 65 kalori per satu sendok makan.

Itulah daftar minuman tinggi kalori yang lebih baik dihindari saat menjalankan program diet. Untuk membaca artikel menarik lain seputar gaya hidup, kunjungi VOI.ID.