Bagikan:

JAKARTA - Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan banyak orang. Cara untuk mendapatkan berat badan ideal banyak, salah satunya adalah diet dibarengi mengonsumsi cuka apel.

Mengutip laman Very Well Fit, cuka apel dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Air cuka apel dikenal sebagai minuman dengan nol kalori, nol lemak, dan nol protein.

Dengan kandungan nol kalori dan nol lemak, maka cuka apel sangat cocok diminum saat diet. Cuka apel juga memberikan efek mengenyangkan, sehingga nafsu makan akan berkurang dan program diet berjalan lebih lancar.

Meski demikian, mengonsumsi cuka apel tetap harus sesuai batasan. Terlalu sering minum cuka apel dapat mengakibatkan efek samping, salah satunya masalah pencernaan.

Dilansir dari Healthline, disarankan untuk hanya mengonsumsi 1 sampai 2 sendok makan cuka apel setiap harinya untuk menurunkan berat badan. Campurkan cuka apel tersebut dengan air hangat, lalu minum.

Minum cuka apel bisa dilakukan setelah atau sebelum makan. Namun, bagi orang yang memiliki masalah lambung, disarankan untuk mengonsumsinya setelah makan karena kandungan asam pada cuka apel cukup tinggi.

Selain itu, saat minum cuka apel juga disarankan untuk menggunakan sedotan. Ini karena asam pada cuka apel dapat mengikis enamel gigi, jadi sebisa mungkin hindari paparan langsung cuka apel dengan gigi ketika meminumnya.