Manfaat Cuka Apel Dicampur Madu yang Jarang Orang Tahu
Manfaat Cuka Apel Dicampur Madu (Gambar Igal Ness-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau membicarakan cuka apel tentunya bahan ini terbuat dari proses fermentasi buah apel. Namun bagaimana dengan manfaat cuka apel dicampur madu?

Pasalnya, cuka apel merupakan bahan herbal yang kerap kali digunakan sebagai bahan campuran masakan. Cuka apel cukup popular sebagai obat diet karena kandungan asam asetat yang ada di dalamnya bisa meningkatkan enzim AMPK yang bisa memaksimalkan proses metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan kita. Wow! Namun apa efeknya bila dicampur dengan madu?

Manfaat Cuka Apel Dicampur Madu

1. Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Pasalnya di dalam cuka apel ada kandungan asam klorogenat yang dianggap bisa menanggulangi masalah kandungan kolesterol jahat ataupun LDL sehingga berpotensi kurangi resiko penyakit jantung. Madu pula mempunyai efek yang nyaris serupa.

Bila Kalian mengkonsumsi gabungan cuka apel serta madu, maka kemampuan khasiat yang dapat didapatkan antara lain:

  1. Menurunnya tekanan darah
  2. Aliran darah jadi lebih lancar
  3. Kemungkinan terbentuknya pembekuan darah jadi menurun
  4. Peradangan di tubuh berkurang
  5. Resiko penumpulan plak di pembuluh darah menurun

Khasiat cuka apel serta madu di atas sangat berpengaruh pada kesehatan jantung, loh! Semua itu berkat isi antioksidan polifenol di dalamnya. Walaupun demikian, masih dibutuhkan riset lebih lanjut buat betul-betul mengetahui secara pasti tentang khasiat dari cuka apel dan madu.

2. Menolong Mengurangi Berat Badan

Seperti yang kita bicarakan tadi di atas, cuka apel dinilai efisien buat mengurangi berat badan sebab memiliki asam asetat yang sudah teruji sanggup membuat Kalian merasa kenyang lebih lama. Khasiat ini dapat berlangsung sebab cuka apel bisa memperlambat penyerapan beberapa nutrisi ke dalam aliran darah.

Beberapa riset pula menunjukkan kalau madu bisa jadi menguntungkan buat mengurangi berat badan bila digunakan selaku pengganti gula. Madu bisa menolong menekan nafsu makan sepanjang hari serta mengurangi sedikit berat badan serta lemak.

Tetapi, butuh diingat kalau madu tetap lah makanan tinggi kalori. Maka bila mau merasakan manfaat cuka apel serta madu buat mengurangi berat badan, hendaknya dikonsumsi seperlunya dalam jumlah sedang.

3. Meringankan Gejala Alergi Serta Pilek

Untuk manfaat yang selanjutnya dari cuka apel dicampur madu yaitu dapat diperoleh dari sifat antimikroba natural yang dimilikinya. Madu memiliki sejumlah kecil serbuk serta senyawa tumbuhan yang bisa menolong melenyapkan alergi musiman seperti rinitis alergi ataupun pilek.

Selain itu, isi probiotik pada cuka apel bisa menolong menyehatkan pencernaan dan tingkatkan imunitas pada tubuh. Perihal ini bisa menolong kemampuan tubuh melawan gempuran pilek yang melanda. Kombinasi keduanya pula bisa menolong meringankan batuk yang disebabkan karena gejala pilek.

4. Menyehatkan Kulit

Khasiat cuka apel serta madu pula dapat dirasakan saat digunakan secara topikal. Cuka apel sudah banyak digunakan buat menanggulangi beberapa keadaan kulit semacam kulit kering serta eksim. Pasalnya, cuka apel bisa menolong menyeimbangkan pH alami pada kulit. Sifat antiradangnya juga menolong menguatkan susunan pelindung kulit serta mencegah dari infeksi penyakit, termasuk eksim.

Sedangkan madu telah lama dimanfaatkan selaku racikan kecantikan tradisional. Ini bukan tanpa sebab karna madu kaya akan berbagai kandungan yang dapat menyehatkan kulit, seperti komponen antiradang serta antimikroba.

Kandungan tersebut membuat madu dipercaya dapat meredakan jerawat serta mempercepat penyembuhan luka di kulit.

Walaupun begitu, sampai saat ini belum ada riset yang secara khusus terkait dampak kombinasi cuka apel serta madu pada kulit. Jadi, bila Kalian mau mencoba kombinasi ini hendaknya bertanya dahulu ke dokter kulit apakah kulit kita cocok atau tidak agar tak terkena efek samping yang tidak diiharapkan.

5. Mencegah penyakit

Terahir manfaatnya bisa mencegah penyakit. Kandungan antioksidan pada madu serta cuka sari apel berfungsi sangat penting buat menghadang efek radikal bebas yang bisa menimbulkan bermacam penyakit. Beberapa akibat dari radikal bebas antara lain merupakan penyakit kanker, penuaan dini dan demensia.

Jadi itulah beberapa manfaat kalau kita mencampurkan madu dengan cupa apel. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Jadi setelah mengetahui manfaat cuka apel dicampur madu, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!