Suga BTS Kolaborasi dengan J-Hope dan Ryuichi Sakamoto dalam Album Baru
Suga BTS (Instagram @agustd)

Bagikan:

JAKARTA - Suga BTS merilis daftar trek dari album solonya, D-Day. Album ini berisi 10 lagu baru yang akan dirilis pada akhir bulan April mendatang.

Melansir poster daftar trek, Suga akan berkolaborasi dengan empat musisi untuk album barunya. Ia menggandeng member BTS, J-Hope untuk lagu HUH?! serta IU untuk lagu People Pt. 2 yang sudah rilis pada pekan lalu.

Suga melibatkan rekan member BTS lainnya, RM untuk lagu Life Goes On di mana ia menulis lagu tersebut bersama J-Hope, Pdogg, dan lainnya.

Kemudian Suga juga berduet dengan Woosung dari The Rose serta komposer asal Jepang, mendiang Ryuichi Sakamoto untuk lagu Snooze.

Suga dengan nama panggung Agust D juga menunjuk trek Haegeum (‘해금’) sebagai trek utama dari album D-Day.

Selain itu Suga akan menampilkan kualitas vokalnya lewat trek D-Day, AMYGDALA, SDL, Gugya, Interlude: Dawn.

Album baru D-Day akan dirilis bersamaan dengan dokumenter perdananya, Suga: Road to D-Day. Film ini menyorot perjalanan Suga keliling dunia untuk mencari inspirasi dan pengalaman baru dalam menggarap album debutnya.

Selain itu Suga sudah merilis mixtape Agust D yang tersedia secara layanan musik digital. Sebelumnya lagu-lagu Agust D dari mixtape hanya bisa didengarkan lewat YouTube.

"Saya merilis 'Agust D' ketika masih sangat muda jadi ketika saya dengar sekarang, rasanya tidak dewasa. Jika kalian mendengar nadanya, itu tidak teratur," cerita Suga kepada Billboard.

"Tapi setelah membuat beragam musik, saya rasa penggemar senang dengan lagu-lagu yang baru dirilis dibanding sebelumnya. Saya bisa katakan orang-orang mulai memahami lagu-lagu ini," katanya.

Di sisi lain, penyanyi bernama asli Min Yoongi ini baru dinobatkan sebagai ambasador National Basketball Association (NBA). Suga dan NBA akan bekerja sama untuk konser tur yang akan datang sebagai bentuk dukungan kepada sang artis.