Bagikan:

JAKARTA - Suga BTS mencatatkan rekor untuk album solonya yang bertajuk D-day. Melalui debut album solonya, rapper dengan nama lahir Min Yoon Gi itu tercatat aebagai solois Kpop dengan penjualan album tertinggi di hari pertama.

Melansir Yonhap News, album D-day terjual sebanyak 1.070.000 copy pqda hari pertama sejak dirilis Jumat, 21 April. Data tersebut berasal dari Hanteo Chart sebagai pihak yang melakukan pendataan twrhadap penjualan album di Korea Selatan.

Lewat album solonya, Suga dengan nama Agust D menghadirkam 10 lagu ciptaannya. Ia juga mengikutsertakan beberapa nama besar dalam lagu-lagunya, diantaranya J-Hope dalam lagu Huh?!, IU dalam lagu People Pt.2, serta Ryuichi Sakamoto dan Woosung dalam lagu Snooze.

Tidak hanya itu, album D-day juga tercatat sebagai pemuncak Oricon Daily Album Chart di Jepang.

“Sejak dirilisnya album pada Jumat, sudah terjual lebih dari 110.000 copy di Jepang dan melonjak ke peringkat nomor 1 di Oricon Daily Album Ranking,” bunyi pernyataan Big Hit Music selaku agensi.

Perjalanan Suga dalam merilis album D-day juga didokumentasikan ke dalam karya film dengan judul SUGA: Road to D-DAY oleh Disney+ Hotstar.

Melalui film dokumenter tersebut, ditampilkan perjalanan Suga ke beberapa negara guna mencari inspirasi untuk membuat lagu-lagu dalam almbum barunya.

Film berdurasi 81 menit itu menampilkan bagaimana pertemuan Suga dengan banyak musisi internasional, seperti Steve Aoki, Anderson .Paak, Halsey dan Ryuichi Sakamoto.