Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil super asal Italia, Lamborghini tengah mempersiapkan mobil Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) lainnya setelah beberapa waktu lalu mereka mengumumkan penerus Aventador.

Mobil yang akan dibuatkan versi PHEV ialah Lamborghini Urus. Ini juga dikonfirmasi oleh CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann. Ia mengatakan bahwa Urus PHEV akan dirilis pada 2024.

Urus PHEV nantinya diharapkan menggunakan powertrain yang sama seperti Porsche Cayenne Turbo S-E Hybrid. Lamborghini Urus nantinya digandengi mesin V8 twin-turbo dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 671 dk.

Dengan diproduksinya Lamborghini Urus PHEV, ini menandakan bahwa Lamborghini tengah bersiap transisi dari penggunaan bahan bakar konvensional menuju elektrifikasi.

Lamborghini juga mengungkapkan bahwa mereka merencanakan untuk menjual seluruh mobil non-emisi pada tahun 2028. Dan juga, pada tahun tersebut Lamborghini akan memproduksi mobil EV perdananya.

Mereka tidak menjelaskannya secara detail, tetapi nantinya mobil tersebut akan memiliki empat kursi, dua pintu, dan jarak antar mobil dengan tanah yang lebih tinggi dibandingkan Lamborghini lainnya.

Sementara untuk model Urus, Lamborghini mengatakan untuk tahun 2029, generasi terbaru dari SUV tersebut akan berpindah ke EV. Yang artinya, tidak ada mesin V8 dan hybrid yang akan ditanamkan pada Urus.