Lamborghini Urus Hybrid Hadir di 2024 Sebelum Kehadiran EV pada 2029
Lamborghini Urus S. (Dok. Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik untuk para pecinta Lamborghini. Pabrikan asal Italia tersebut mengungkapkan akan menghadirkan pembaruan pada SUV andalannya, Urus yang nantinya akan dibekali teknologi hybrid pada 2024 mendatang.

Urus bertenaga mesin hybrid tersebut juga akan menjadi jembatan bagi pabrikan untuk masuk ke ranah elektrifikasi. Dikonfirmasi juga bahwa Urus generasi kedua akan mendapatkan tenaga listrik untuk 2029.

Melansir dari laman Autocar, Kamis, 22 Juni, Lamborghini Urus hybrid tersebut akan menjadi model kedua yang memakai teknologi Plug-In Hybrid (PHEV) setelah Revuelto, yang merupakan penerus dari Aventador.

Lamborghini Urus akan tetap memakai mesin saat ini, yaitu V8 twin-turbo 4,0 liter dengan gabungan teknologi hybrid. SUV hybrid tersebut akan mengganti Urus bermesin bensin yang saat ini sedang diproduksi.

Urus EV akan menyusul peluncuran mobil full electric pertama milik Lamborghini yang akan hadir pada 2028 mendatang. Mobil EV pertama ini merupakan model serba baru yang akan dihadirkan oleh pabrikan berlogo banteng tersebut.

Yang artinya, model terbaru tersebut bukan merupakan turunan dari model lainnya yang telah dihadirkan oleh Lamborghini sebelumnya. Terlebih lagi, Lamborghini belum memiliki minat dalam meluncurkan generasi penerus Revuelto dan Huracan yang ditenagai sepenuhnya listrik.

Model EV terbaru ini akan bertipe 2+2 GT dengan performa yang tinggi dengan beberapa peningkatan inovatif seperti halnya mobil Grand Tourer (GT). Ini model keempat untuk membantu tujuan perusahaan mengurangi penggunaan emisi karbon hingga 80 persen.

“Ini tentang keberlanjutan, memiliki visibilitas yang lebih baik, dan memiliki desain mobil yang sangat seksi, tetapi tetap dapat langsung dikenali sebagai Lamborghini,” ujar CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann.

Winkelmann juga mengatakan, bahwa pihaknya akan menawarkan model tersebut dengan teknologi yang belum disediakan oleh pabrikan lain, yang membuat model EV tersebut memiliki keunikan.

Meskipun demikian, pecinta Lamborghini harus menunggu hingga 2028 mendatang untuk melihat model terbaru tersebut. Ke depannya, Lamborghini akan memperkuat jajarannya dengan menghadirkan penerus dari Huracan, Revuelto terbaru, dan Urus hybrid.

Untuk mempersiapkan EV ke dalam jajaran Lamborghini, pabrikan akan membangun ulang pabrik Sant'Agata, tempat merakit Revuelto terbaru dan Huracan.