Lamborghini Lanzador, Mobil Pratinjau EV Pertama dari Pabrikan "Banteng Mengamuk"
Lamborghini Lanzador (sumber : Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Merek supercar ternama dari Italia, Lamborghini, merilis sebuah model konsep yang akan menjadi mobil listrik pertamanya, yakni Lanzador.

Mobil ini akan menjadi tonggak awal dari Lamborghini dalam segmen EV. Seperti yang telah dirumorkan sebelumnya, mobil tersebut hadir dalam bentuk tipe Gran Turismo atau GT.

Dihadirkannya Lanzador juga sejalan dengan strategi perencanaan yang dibuat oleh Lamborghini, yakni "Direzione Cor Tauri", yang diumumkan pada 2021 lalu yang meliputi dihadirkannya Lamborghini Revuelto yang mengusung V12 Plug-In Hybrid (PHEV) dan diluncurkannya Lanzador yang akan diproduksi pada 2028 mendatang.

CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, mengatakan dengan diluncurkannya Lanzador, maka Lamborghini telah membuat segmen mobil terbaru, yakni Ultra GT, yang akan menawarkan pengalaman kendaraan terbaru dengan teknologi lebih maju.

"Dengan Lanzador kami melihat masa depan kami tanpa melupakan DNA kami. Coupe pertama dari Lamborghini dengan mesin depan mereka adalah Gran Turismo yang sporty dan elegan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari sebagai 2+2 tempat duduk," kata Winkelmann dalam keterangannya, Jum'at, 18 Agustus.

Lanzador diperkenalkan dengan tipe mobil GT 2+2 tempat duduk yang memiliki ground clearence tinggi, menghadirkan berkendara yang sporty dan sangat menyenangkan ketika dikendarai.

Mobil ini akan dilengkapi motor listrik ganda pada setiap gandarnya memastikan penggerak listrik dapat bekerja dengan optimal dalam segala kondisi.

Lanzador hadir dengan penggerak semua roda (AWD) serta menawarkan vektor e-torque aktif pada poros belakang demi menghasilkan mengemudi yang dinamis dan halus.

Energi disediakan oleh baterai performa tinggi generasi baru, yang juga memastikan jangkauan yang jauh. Bukan hanya memiliki komponen perangkat keras yang impresif, mobil tersebut juga hadir pada peningkatan bagian perangkat lunak dan sistem kontrolnya.

Sebelum diluncurkan versi produksi Lanzador, Lamborghini terlebih dahulu akan meluncurkan Urus hybrid pada 2024 atau 2025 mendatang. Mereka juga berambisi menghadirkan Urus versi listrik pada 2030 mendatang.

Ke depan, Lamborghini akan semakin menguatkan lini produknya dengan meluncurkan penerus Huracan, varian terbaru dari Revuelto, serta Urus hibrida. Sebagai persiapan menghadapi era kendaraan listrik, pabrikan ini juga akan mengembangkan ulang fasilitas produksi mereka di Sant'Agata, tempat merakit Revuelto dan Huracan terbaru.