Konsep Mobil EV Pertama Lamborghini akan Debut pada Pekan Depan
Lamborghini Terzo Millenio. (Dok. Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti banyak diberitakan sebelumnya, sejumlah produsen otomotif mewah yang dulunya terkenal dengan mesin ICE tengah menggarap serius model-model yang berbasis listrik. Salah satunya adalah merek mewah Lamborghini.

Dengan peluncuran Revuelto menandai langkah pertama mereka dalam mobil hybrid plug-in (PHEV). Setelah Revuelto, pabrikan yang bermarkas di Sant'Agata Bolognese, Italia, berencana merilis beberapa model lain yang akan menggunakan tenaga listrik, baik dalam bentuk hybrid maupun kendaraan listrik (EV).

Rencananya dimulai dengan Urus hybrid pada tahun 2024 atau 2025, diikuti oleh model Grand Tourer (GT) 2+2 yang juga akan menjadi EV pertama buatan Lamborghini. Bahkan, mereka berambisi menghadirkan versi listrik dari Urus menjelang tahun 2030.

Salah satu momen yang dinantikan adalah kemunculan Lamborghini GT 2+2 sekaligus EV pertama dari pabrikan ini. Kabar baiknya, penantian ini sepertinya akan segera berakhir.

Dilansir dari InsideEVs, Selasa, 8 Agustus, Lamborghini telah mengumumkan bahwa konsep dari mobil listrik pertama mereka akan dipamerkan dalam rangka Monterey Car Week minggu depan di Amerika Serikat. Mobil ini akan menjadi prototipe pertama dari empat unit terbaru yang akan dihadirkan oleh Lamborghini.

Satu hal yang pasti, mobil ini akan ditampilkan dalam bentuk konsep atau pra-tinjau sebelum versi produksinya diluncurkan pada tahun 2028 mendatang.

Dengan hadirnya model konsep ini, Lamborghini akan menambah daftar kendaraan listrik mereka setelah Terzo Millenio. Meskipun begitu, kabar yang beredar mengindikasikan bahwa mobil listrik pertama dari Lamborghini ini akan berbagi platform dengan merek saudara seperti Porsche dan Bentley.

Langkah ini bisa dimaklumi sebagai upaya efisiensi biaya dalam pengembangan. Pendekatan serupa telah diterapkan oleh sejumlah produsen seperti yang dilakukan oleh pabrikan Stellantis yang berkolaborasi dalam komponen, begitu pula antara Subaru dan Lexus dengan Toyota.

Meskipun penampakannya hanya dalam bentuk konsep, para pecinta otomotif masih harus bersabar hingga tahun 2028 untuk melihat versi produksi mobil listrik perdana Lamborghini.

Ke depan, Lamborghini akan semakin menguatkan lini produknya dengan meluncurkan penerus Huracan, varian terbaru dari Revuelto, serta Urus hibrida. Sebagai persiapan menghadapi era kendaraan listrik, pabrikan ini juga akan mengembangkan ulang fasilitas produksi mereka di Sant'Agata, tempat merakit Revuelto dan Huracan terbaru.

Monterey Car Week akan berlangsung di kota Monterey, California, AS, dimulai pada hari Rabu, 16 Agustus. Konsep mobil listrik Lamborghini akan dipamerkan sepanjang acara dan bisa dilihat oleh publik mulai hari Jumat, 18 Agustus.