Catat, Selain Debu Ini 8 Kotoran yang Enggak Boleh Dibersihkan Menggunakan Vacuum Cleaner
Ilustrasi (Liliana Dew/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Vacuum cleaner atau alat penyedot debu kerap digunakan untuk mempermudah aktivitas membersihkan rumah. Selain karpet, penyedot debu bisa digunakan untuk membersihkan sofa dan lantai dari debu serta kotoran yang menempel. 

Berbagai vacuum cleaner memiliki fitur yang berbeda yang lebih memudahkan membersihkan ruangan. Namun, seperti yang dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis, 23 Februari, ada beberapa kotoran yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner.

Pecahan kaca

Jika Anda hanya bisa mengingat satu hal yang tak boleh dibersihkan menggunakan alat vacuum, maka ingatlah pecahan kaca. Pasalnya, potongan kaca yang tajam, termasuk pecahannya, dapat menusuk bagian dalam penyedot debu sehingga memungkinkan alat vacum Anda cepat rusak. Untuk itu, saat kaca pecah, ambilah sapu untuk membersihkan sisa pecahan.

Tumpahan cairan

Jangan pernah memaparkan peralatan listrik ke air atau cairan lain demi keselamatan Anda, termasuk menyedot debu di karpet yang basah. Selain masalah keamanan, cairan penyedot debu dapat menyebabkan mesin mengalami korsleting. Dan jika dibiarkan di dalam kantong penyedot debu, air dan cairan lain dapat menyebabkan jamur.

Sesuatu yang lengket

Kotoran yang sifatnya lengket bisa menurunkan daya kerja alat vacuum Anda. Hal-hal seperti permen karet, lem, atau madu akan menempel di setiap bagian vacuum di sepanjang jalan, menyumbat semuanya mulai dari gulungan sikat hingga tas penyimpanan vacuum.

Gumpalan rambut

Vacuum adalah alat yang luar biasa untuk membersihkan rambut yang rontok di lantai. Tetapi ada kalanya cara terbaik adalah membersihkan menggunakan sapu. Tumpukan rambut yang besar, seperti bekas potong rambut di rumah dapat menyumbat vacuum dan untaian panjang dapat menjadi kusut di sekitar gagangnya.

Potongan kertas

Sama halnya dengan rambut, potongan kertas juga tak boleh dibersihkan dengan vacuum. Sebab bisa menyumbat vacuum dan buruknya, bisa membakar motor yang menggerakkan mesin. Jadi lebih baik bersihkan kertas dengan sapu.

Kabel

Jika Anda ingin membersihkan lantai yang dipenuhi dengan kabel, ada baiknya sebelum menggunakan vacuum, gulung atau singkirkan dahulu kabel-kabel tersebut. Selain melindungi Anda dan mesin vacuum, gaya serta gesekan mesin vacuum dapat merusak bagian luar pelindung kabel. Sehingga membuat kabel dan komponen listrik terbuka.

Bubuk Kopi

Menyedot bubuk kopi basah dapat menyumbat bagian penyedot debu, meninggalkan bahan organik yang dapat membiakkan jamur dan lumut. Dan memaksa motor bekerja keras yang menyebabkan mesin jadi cepat aus. Hindari membersihkan bubuk kopi basah menggunakan vacuum, ya.

Abu

Abu termasuk dalam kategori partikel halus dan tidak boleh disedot. Selain tidak aman untuk Anda karena partikel abu halus dapat keluar dari mesin dan masuk ke udara yang Anda hirup. Membersihkan abu menggunakan alat penyedot debu juga tak bakalan membersihkan dengan efektif.

Terkait