Tak Mau Menyerah, Nunung Ingin Secepatnya Jalani Operasi Kanker Payudara
Nunung (Instagram @nunung63.official)

Bagikan:

JAKARTA - Komedian Nunung menderita kanker payudara. Penyakit tersebut mulai diketahuinya sejak 7 bulan lalu. Beberapa waktu lalu, komedian 59 tahun itu baru saja menjalani biopsi untuk mengetahui kanker seperti apa yang bersarang di tubuhnya.

Sialnya, Nunung harus menerima kenyataan dimana hasil biopsi menunjukkan dirinya menderita kanker yang cukup ganas. “Hasil biopsinya positif. Memang mengarah ke ganas, tapi masih alhamdulillan, masih stadium 1-2 awal. Tapi harus segera diangkat,” kata Nunung kepada awak media di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin, 6 Februari 2023.

Lebih lanjut, istri dari Iyan Sambiran itu menjelaskan bahwa benjolan yang ada pada tubuhnya berdiameter 2 cm. Ia sendiri merasakan benjolan itu cukup besar.

Nunung juga berencana menjalani operasi untuk mengangkat benjolan tersebut. Namun, ada beberapa tahapan yang harus ia lalui sebelum menjalani operasi.

“Tinggal nunggun PET scan untuk mengetahui penyebarannya sudah sampai mana. Kalau USG dan lain-lain sudah, tinggal satu langkah, PET scan. Ini juga masih didaftarin, enggak tahu kapan, mungkin minggu-minggu ini,” tuturnya.

Untuk kemoterapi, Nunung belum mengetahui secara pasti. Saat ini ia ingin fokus pafa operasi terlebih dahulu. “Belum tahu lah, yang penting operasi dulu. Nanti kemonya mau di Solo atau di mana nanti bisa dibicarakan lagi,” ujarnya.

Nunung juga bicara mengenai kondisi keluarganya saat ini. Tidak seperti dulu dimana ia harus membiayai anggota keluarga yang mencapai 50 orang, kini beban tersebut sudah jauh lebih ringan. Sebagian besar anaknya saat ini juga sudah mulai mandiri, dimana ada yang sudah mendapat pekerjaan dan sudah lulus dari perkuliahan.

“Mereka udah mandiri semua kok, jadi enggak seberat dulu. Walaupun sekarang juga masih urusi keluarga, cuma udah ringan. Semua memang udah di tata sama Allah, 'Nih, karena yang diurusin udah enggak sebanyak dulu, gantian lo ngurus diri sendiri!',” pungkas Nunung.