<i>Avatar 2</i> Jadi Film Terlaris Sejarah ke-5, Salip <i>Avengers: Infinity War</i>
Avatar: The Way of Water (20th Century Fox)

Bagikan:

JAKARTA - Film Avatar: The Way of Water dinyatakan sebagai salah satu film terlaris sepanjang sejarah. Dalam enam pekan penayangan, film ini sudah meraup lebih dari 2,054 miliar dolar AS atau setara Rp30 triliun.

Melansir Variety, perolehan 2 miliar dolar AS ini merupakan angka pencapaian secara global. Menariknya Avatar 2 menjadi satu-satunya film yang berhasil memperoleh angka sebesar ini di masa pandemi COVID-19.

Avatar 2 juga melampaui SpiderMan: No Way Home sebagai film dengan penjualan terbanyak di masa pandemi. Perolehan Avatar 2 turut menggeser Avengers: Infinity War yang meraih 2,052 miliar dolar AS saat ditayangkan pada tahun 2018.

Pendapatan ini menjadikan James Cameron menjadi sutradara dengan tiga film terlaris dalam sejarah. Selain Avatar 2, ada film Avatar tahun 2009 dengan 2,9 miliar dolar AS dan Titanic yang dirilis pada tahun 1997 dengan 2,2 miliar dolar.

Nampaknya perjalanan ini belum sepenuhnya selesai. Cameron pernah mengungkapkan keinginannya untuk membuat franchise Avatar sebanyak lima film. Dua pertama sudah dirilis sedangkan sisanya dalam proses produksi.

Avatar digadang sebagai franchise dengan produksi termahal. Disney yang mengakuisisi 20th Century Fox menghabiskan 350 juta dolar AS untuk membuat The Way of Water serta 100 juta dolar untuk membangun set Pandora.

Di bioskop, Avatar 2 masih mendominasi bioskop di Amerika Serikat dalam jumlah penayangan. Begitu juga penayangan di internasional yang masih dipenuhi oleh penonton.

“Sepertinya momentum yang dimiliki filmnya saat ini bisa menuai kesuksesan dalam beberapa hari, jadi saya gak bisa menghindari ini, saya harus melakukan sekuel lainnya,” kata James Cameron dalam wawancara terbaru.