Ditonton Ganjar dan Cak Imin, Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet
Poster film Agak Laen yang kini menjadi film komedi Indonesia terlaris sepanjang masa. (Imajinari)

Bagikan:

JAKARTA - Film Agak Laen yang digarap oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang digandrungi pecinta film komedi Indonesia. Tak hanya itu, film tersebut juga merajai layar lebar Tanah Air.

Hingga Sabtu (24/2/2024) jumlah penonton film Agak Laen telah menembus angka tujuh juta penonton lebih sejak pemutaran perdananya pada 1 Februari. Dengan demikian, film tersebut resmi menyandang status film komedi Indonesia terlaris sepanjang masa.

Film berdurasi hampir dua jam ini menceritakan empat sahabat yaitu Bene (Bene Dion), Boris (Boris Bokir), Jegel (Indra Jegel), dan Oki (Oki Rengga) yang membuka rumah hantu di pasar malam demi memenuhi tuntutan ekonomi. Tapi baru juga memulai usaha, nasib malang menimpa mereka.

Seseorang yang berusaha sembunyi di rumah hantu justru meninggal dunia akibat serangan jantung karena merasa ketakutan. Siapa sangka, yang meninggal ternyata adalah seorang Caleg dan arwahnya gentayangan. Tapi di tengah rasa khawatir, musibah ini malah membuat rumah hantu empat sekawan viral hingga akhirnya ramai didatangi pengunjung.

Ditonton Cak Imin dan Ganjar Pranowo

Netray mencoba menangkap respons warganet yang telah menonton film ini dengan menggunakan kata kunci agak laen selama periode 12-19 Februuari 2024. Dari pantauan tersebut, terdapat kurang lebih lima ribu akun yang menghasilkan 8,9 ribu unggahan memperbincangkan film ini.

“Dari unggahan yang ada mampu menghasilkan reaksi warganet sebanyak 69 ribu impresi bahkan menjangkau ke lebih dari 45,3 juta akun,” demikian laporan Netray.

Secara umum, film Agak Laen mendapat pujian dari warga X. Mayoritas penonton merasa terhibur setelah menyaksikan film yang disutradarai Muhadkly Acho tersebut. Hal ini bisa dilihat dari jajaran kata populer di X, seperti lucu, menghibur, bagus, keren, dan senang yang cukup menonjol.

Cuitan Ganjara Pranowo di akun X tentang film Agak Laen. (X/@ganjarpranowo)

Bahkan calon wakil presiden 01 Muhaimin Iskandar juga mengaku turut terhibur dengan film ini. Unggahannya di akun @cakimiNOW sekaligus menjadi yang populer selama periode pemantauan.

“Terdapat 1,3 ribu komentar, 19,7 ribu likes, dan 2,1 ribu repost dari unggahan Cak Imin ini,” kata Netray.

Selain Cak Imin, capres 03 Ganjar Pranowo juga ternyata menonton film Agak Laen. Ini diketahui dari cuitannya di akun @ganjarpranowo. Capres dari PDIP ini juga ikut memuji film yang dibintangi Boris Bokir karena membuat jantung tratapan dan membikin mulut pegal.

Di tengah banjir pujian yang dituai Agak Laen, film ini ternyata tidak luput dari kritik. Sejumlah warganet kurang setuju dengan jokes alias candaan yang muncul dalam film.

Cuitan Muhaimin Iskandar di akun X tentang film Agak Laen. (X/@cakimiNOW)

Di media sosial, film ini dinilai misoganis, yaitu bentuk diskriminasi dan kebencian terhadap perempuan. Sejumlah warganet kurang sreg dengan penggunaan kata pelakor yang ditujukan kepada wanita yang diperankan Indah Permatasari.

Selain itu, Agak Laen juga dituding ableist, yaitu diskriminasi dan prasangka sosial terhadap penyandang disabilitas atau orang yang dianggap sebagai difabel.

Kendati demikian, kritik terhadap Agak Laen tidak memiliki dampak besar di linimasa X, karena arus utama perbincangan tetap dikusai ujaran yang bersiap apresiasi.

Resmi Jadi Film Terlaris Kedua di Indonesia

Film Agak Laen kini resmi menjadi film komedi Indonesia terlaris sepanjang masa setelah menembus tujuh juta penonton lebih hingga 24 Februari 2024, sejak penayangan perdana pada 1 Februari.

"SAH! 7.000.000 penonton dan seluruh rakyat Indonesia sudah siap jadi saksi kilauan Batak Silper & Batak Emas. Mauliate Godang, Pasukan!" tulis Imajinari di akun X-nya.

Angka tujuh juta penonton Agak Laen telah menggeser posisi Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 (2016) yang memperoleh 6.858.616 penonton.

Jajaran kata populer di platform X. (Netray)

Agak Laen masih berada di bawah film KKN Desa Penari sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film yang rilis pada 2022 itu berhasil mengumpulkan 10.061.033 penonton.

Namun, melihat Agak Laen yang masih perkasa di bioskop-bioskop Indonesia, pengamat film dan budaya populer Hikmat Darmawan meramalkan film ini mampu menembus sembilan juta penonton.

Statistik perbincangan X topik film agak laen. (Netray)

"Film ini sekarang masih melesat kuat. Masih banyak yang dapat 2-3 layar [per bioskop]. Kemungkinan bisa sampai lebih dari delapan juta, bahkan mungkin sampai sembilan juta jangan-jangan," ujar Hikmat.

"Masih harus dilihat apakah dalam 1-2 minggu ini terjadi penurunan drastis. Tapi dugaan saya, bisa [tercapai] dengan situasi begini," lanjutnya.

Dengan perolehan tujuh juta lebih penonton, Agak Laen untuk sementara menempati peringkat enam daftar film terlaris di Indonesia. Daftar ini memuat deretan film yang pernah diputar di bioskop Tanah Air, termasuk film mancanegara.

Film Avengers: Endgame (2019) masih memimpin dengan 10.976.338 penonton, diikuti KKN di Desa Penari.

Urutan berikutnya adalah Avengers: Infinity War (8.220.812), Spider-Man: No Way Home (8.215.014), dan Avatar: The Way of Water (7.096.768).