Bagikan:

JAKARTA - Perdebatan mengenai Marvel tidak ada habisnya. Sebelumnya penggemar merespons sutradara Martin Scorsese yang menyatakan film Marvel bukan sinema. Pernyataan ini disetujui oleh sutradara Quentin Tarantino.

Di saat para aktor Marvel mencoba membela Marvel, respons Kumail Nanjiani justru berbeda. Pemeran Kingo dalam Eternals ini menjelaskan bahwa pendapat kedua sutradara adalah hak mereka.

“Tentunya saya suka film-film yang dibuat Tarantino atau Scorsese. Dan saya mungkin tidak setuju dengan pendapat Scorsese tentang film superhero tapi maksud saya, siapa yang lebih hak berpendapat?” kata Kumail Nanjiani melansir Esquire.

“Jika Scorsese tidak punya hak untuk berbicara mengenai film, maka kita semua juga tidak punya hak yang sama. Aneh ketika melihat orang-orang marah soal ini,” lanjut Nanjiani.

Pada tahun 2019, Martin Scorsese mengungkap film Marvel bukan bagian dari sinema. Hal ini disebabkan ia mencoba menonton film namun tidak selesai.

“Saya tidak bisa melihat mereka. Saya mencoba, tapi itu bukan sinema,” kata Scorsese kepada Empire.

“Sejujurnya hal terdekat yang saya bisa pikirkan adalah para aktor mencoba yang terbaik di bawah taman bermain. Ini bukan sinema manusia yang memotret emosional, pengalaman psikologi kepada manusia lainnya,” jelasnya.

Taika Waititi selaku salah satu bintang Marvel sempat merespons pernyataan Scorsese. Menurutnya film Marvel adalah sinema. Pernyataan ini juga dibela oleh Samuel L dan James Gunn.