Bagikan:

JAKARTA - Angela Bassett menjadi aktor pertama yang memenangkan penghargaan untuk film Marvel di Golden Globes 2023. Ia menerima langsung piala tersebut pada Selasa, 10 Januari waktu Los Angeles yang diserahkan oleh Eddie Murphy.

Bassett memenangkan Best Performance by an Actress in a Supporting Role in Any Motion Picture. Perannya sebagai Queen Ramonda dalam film Black Panther: Wakanda Forever menjadi perolehan nominasi kedua setelah tahun 1994.

“22 Januari 1994, saya berdiri di panggung ini dan menerima Golden Globe untuk What’s Love Got To Do With It,” kata Angela Bassett memulai pidatonya.

“Mendiang Tony Morrison berkata hidupmu adalah sebuah keajaiabn kebetulan yang menunggu Anda untuk mengatur takdirnya. Tapi agar takdir itu terwujud, saya pikir butuh keberanian untuk memiliki keyakinan,” lanjutnya.

“Ini membutuhkan kesabaran, seperti yang kita baru dengar. Tidak mudah karena masa lalu berputar-putar dan banyak jalan tak terduga, tapi atas berkat Tuhan, saya berdiri di sini dengan bersyukur,” katanya.

Dalam pidatonya, Bassett juga mengapresiasi para staf dan pemain Wakanda Forever. Ia juga memberi tribut kepada mendiang Chadwick Boseman.

“Kami berjalan bersama dengan cinta. Kami mencintai, kami berduka, kami pulih, dan setiap hari kami dikelilingi dengan terang dan energi Chadwick Boseman. Kami bahagia ketika tahu Black Panther adalah bagian dari warisannya yang membantu kami (melanjutkan perjalanan),” kata Angela Bassett.

“Kami menunjukkan dunia bagaimana komunitas orang kulit hitam, kepemimpinan, dan cinta yang terlihat dari belakang dan depan kamera. Untuk penggemar Marvel, terima kasih sudah mengapresiasi karakter-karakter ini dan memberi banyak cinta,” tuturnya.

“Kami baru membuat sejarah dengan nominasi dan penghargaan ini. Ini untuk kalian semua,” tutup Bassett.

Angela Bassett menjadi aktor dari jagat sinematik Marvel (Marvel Cinematic Universe) pertama yang memperoleh penghargaan Golden Globe. Ini menjadi kemenangan perdana bagi Marvel untuk kategori umum dalam sebuah penghargaan.