Menang Golden Globe, Michelle Yeoh Refleksi Perjuangan 60 Tahun Karier Hollywood
Michelle Yeoh (A24)

Bagikan:

JAKARTA - Michelle Yeoh merefleksikan kariernya di Hollywood setelah meraih Golden Globes 2023. Ia menganggap sebuah mimpi indah untuk seorang wanita Asia yang mendapat kemenangannya.

Yeoh memenangkan Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Musical or Comedy lewat perannya dalam film Everything Everywhere All At Once. Saat menerima penghargaan, Yeoh menceritakan bagaimana ia memperjuangkan karier di Hollywood.

“40 tahun… tidak meninggalkan ini. Ini adalah perjalanan yang luar biasa dan perjuangan besar untuk berada di sini, tapi saya rasa ini layak. Saya ingat ketika pertama kali datang ke Hollywood - sebuah mimpi jadi kenyataan hingga saya berdiri di sini,” kata Michelle Yeoh.

“Lihatlah wajah ini - saya datang ke sini dan diberitahu “Kamu seorang minoritas” dan saya seperti “Oh itu tidak mungkin” kemudian seorang lainnya berkata “Kamu.. bisa.. Bahasa Inggris” lupa bahwa mereka tidak tahu Korea, Jepang, Malaysia, Asia, India, dan kemudian saya bilang “Ya saya naik pesawat 13 jam jadi saya belajar,” ceritanya.

Sebagai wanita Asia, Michelle Yeoh menyadari kesempatan untuk berkembang di Hollywood tidak sebesar lainnya. Ia merasa kariernya selesai hingga dia memilih Everything Everywhere All At Once yang menuai kesuksesan.

“Saya pikir semua wanita mengerti ini – seiring hari dan tahun dan angka semakin besar, kesempatan untuk memulai karier semakin kecil. Ada saat di mana saya merasa saya sudah melewati. C’mon saya bekerja dengan orang-orang terbaik - Steven Spielberg, Danny Boyle, hingga datanglah hadiah terbaik, Everything Everywhere All At Once,” lanjut Yeoh.

“Saya diberi berkat untuk memerankan seorang wanita yang beresonansi dengan saya dan banyak orang. Karena pada akhirnya, semesta mana tempat dia berada, dia terus berjuang - berjuang untuk cinta keluarganya,” kata Yeoh mengenai karakternya.

“Evelyn Wang bukan siapa-siapa tanpa Ke Huy Quan - Raymond Wang - dan tidak ada kebahagiaan tanpa Stephanie Hsu,” katanya.

Di sela pidato, musik sempat berputar yang menandakan Michelle Yeoh harus turun ke panggung. Namun Yeoh meminta pemusik untuk diam karena ia belum selesai.

Michelle Yeoh menjadi aktor Malaysia dan aktor kedua dari Asia yang memenangkan penghargaan umum di Golden Globes. Ia menjadi aktor kedua dari Everything Everywhere All At Once yang menerima penghargaan setelah Ke Huy Quan.