Potensi Langgar Aturan Oscar, Michelle Yeoh Hapus Artikel Soal Cate Blanchett
Michelle Yeoh (Instagram @michelleyeoh_official)

Bagikan:

JAKARTA - Michelle Yeoh menghapus postingan terbaru berisi artikel mengenai Oscar 2023. Ia mendapat nominasi Best Actress untuk penampilannya dalam film Everything Everywhere All At Once membagikan salah satu artikel mengenai pertaruhan nominasi itu.

Judul artikel itu berbunyi “It’s Been Over Two Decades Since We’ve Had A Non-White Best Actress Winner. Will That Change in 2023?” yang diterbitkan pada 7 Maret lalu. Artikel ini berisi tentang kritik kurangnya representasi dalam acara Academy Awards.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah ketika artikel itu membandingkan penampilan Cate Blanchett yang mendapat nominasi untuk film Tár.

Para pencela akan mengatakan penampilan Blanchett adalah penampilan yang kuat - aktor veteran. Tidak dapat disangka, ia tampil sebagai konduktor Lydia Tár tapi perlu dicatat dia sudah punya dua piala Oscar,” begitu salah satu isi artikel.

Orang ketiga mengonfirmasi ia adalah raksasa industri tapi melihat pekerjaannya yang luas, apakah kita masih butuh konfirmasi?” lanjut artikel tersebut.

Artikel ini menuliskan jika kemenangan diberikan kepada Michelle Yeoh maka ini akan mengubah industri hiburan.

Bagi Yeoh, Oscar akan mengubah hidup: namanya selamanya akan didahului dengan frasa ‘pemenang Academy Award’ dan itu akan membuatnya mendapat bagian yang lebih kecil, setelah satu dekade tidak diapresiasi di Hollywood,” tambahnya.

Michelle Yeoh membagikan tangkapan layar artikel itu beberapa jam setelah penutupan Oscar pada Selasa, 7 Maret. Akan tetapi ia langsung menghapus postingan tersebut.

Publik menduga postingan ini berpotensi melanggar kampanye yang ditetapkan pihak komite Oscar. Di bagian aturan Nominasi Lain, bagian B berbunyi, “Taktik apa pun yang mengasingkan nama atau judul secara tegas dilarang.”

Michelle Yeoh dan Cate Blanchett merupakan beberapa nominasi Best Actress dalam Oscar tahun ini. Mereka juga bersaing dengan Andrea Riseborough (To Leslie), Michelle Williams (The Fabelmans), dan Ana de Armas (Blonde).

Malam puncak Oscar atau Academy Awards ke-95 akan diadakan pada Minggu, 12 Maret di Los Angeles.