Selamat, Michelle Yeoh Jadi Perempuan Asia Pertama Peraih SAG Awards 2023
Michelle Yeoh (Instagram @michelleyeoh_official)

Bagikan:

JAKARTA - Michelle Yeoh mengukir prestasi sekaligus sejarah baru dalam perfilman. Ia dinobatkan sebagai aktris Asia pertama yang memenangkan penghargaan Screen Actors Guild Award (SAG) 2023 untuk kategori utama.

Michelle Yeoh meraih Best Performance by a Female Actor untuk film Everything Everywhere All at Once. Saat menerima penghargaan, Yeoh nampak emosional dan berterima kasih untuk semua orang yang mengetahui perjalanannya.

“Saya pikir jika saya bicara, hati saya bakal meledak. SAG-AFTRA, mendapat penghargaan ini yang kalian mengerti bagaimana rasanya… kalian tahu perjalanan, roller coaster. Tapi yang terpenting kita tidak pernah menyerah, saya terima kasih,” kata Michelle Yeoh pada Minggu, 26 Februari waktu setempat.

“Penghargaan ini bukan hanya untuk saya, ini untuk setiap gadis kecil seperti saya,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Michelle Yeoh sempat berbalik arah untuk berteriak sedikit. Kemudian ia kembali ke podium dan mengucapkan apresiasinya.

“Terima kasih sudah memberi saya tempat duduk di meja dan menunjukkan saya semuanya mungkin. Saya bersyukur dan ibu saya akan selamanya bersyukur kepada kalian,” lanjut Michelle Yeoh.

Michelle Yeoh menjadi wanita Asia kedua yang mendapat nominasi Aktris Terbaik setelah Zhang Ziyi dalam film Memoirs of a Geisha (2005). Ia juga menjadi yang kedua memperoleh piala kategori akting usai Youn Yuh Jung dalam film Minari (2020).

Namun untuk pertama kalinya, Michelle Yeoh memenangkan kategori umum dalam penghargaan prestisius tersebut. Ia bersanding dengan lawan mainnya, Ke Huy Quan yang memenangkan Best Actor dalam SAG Awards 2023.

Tidak hanya itum untuk pertama kalinya, SAG Awards dipenuhi dengan ragam nominasi yang didominasi oleh perempuan.

Michelle Yeoh turut memimpin 11 nominasi Oscar berkat perannya sebagai Evelyn dalam film Everything Everywhere All at Once. Hingga saat ini, hanya lima aktris asal Asia yang memenangkan Oscar sejak diselenggarakan 95 tahun lalu.