Michelle Yeoh dan Ke Huy Quan Terharu Masuk Nominasi Utama Oscar 2023
Ke Huy Quan - Michelle Yeoh (A24)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak Academy mengumumkan daftar nama dan film yang masuk ke dalam nominasi Academy Awards atau Oscar. Everything Everywhere All at Once, secara mengejutkan memimpin daftar dengan 11 nominasi.

Selain itu, dua bintang utamanya - Michelle Yeoh dan Ke Huy Quan juga memperoleh nominasi untuk Best Lead Actress dan Best Actor in a Supporting Role. Keduanya merasa senang sekaligus terharu karena mendapat apresiasi besar hingga Academy.

“Saya sedang syuting di London. Saya terbangun sepanjang hari. Ketika tidur, saya tidak memikirnya tapi sejak pagi tadi saya merasa “Ya Tuhan, saya harus apa?” kata Michelle Yeoh melansir Variety.

Michelle Yeoh juga merasakan banyak representasi dari Asia di tahun ini dalam nominasi Oscar. Selain dirinya, ada Ke Huy Quan serta Stephanie Hsu yang perdana mendapat nominasi.

“Kami selalu ada di sana, tapi kami tidak punya kesempatan sama. Saya harap ini bisa mengubah keadaan. Saya harap, kami, sebagai aktor, tidak dipilih karena kami Asia atau Afrika Amerika atau apa pun. Kami dipilih karena kami bekerja dengan bagus dan kami seharusnya diberi kesempatan untuk itu,” jelasnya.

“Jika Anda ingin cerita Anda diberitakan - jangan menyerah. Lihat saya, 40 tahun melewatinya,” katanya.

Reaksi serupa juga disampaikan lawan main Yeoh, Ke Huy Quan. Kembalinya sang legendaris kecil ke layar lebar membuatnya antusias membayangkan ada di karpet merah penghargaan prestisius tersebut.

“Ya Tuhan, saya sangat senang. Ini salah satu hari terbaik dalam hidup saya. Saya menonton Oscar bertahun-tahun. Saya selalu membayangkan berada di karpet merah, di dalam ruangan,” kata Ke Huy Quan.

“Ketika saya mundur dari akting lebih 20 tahun, mimpi itu sirna. Saya pikir saya tidak akan pernah kembali tapi puji Tuhan, saya kembali,” lanjutnya.

Ke Huy Quan juga merasa terhormat bisa berada dalam satu jajaran nominasi bersama Steven Spielberg, orang pertama yang membawanya ke dunia film di tahun 1984.

“Saya cinta pria itu dengan seluruh hati saya. Ini membuat musim penghargaan semakin spesial. Berada bersama dia dan di masa ketika dia membuat film paling personal, itu sangat spesial,” kata Ke Huy Quan.

Michelle Yeoh dan Ke Huy Quan beradu akting dalam film Everything Everywhere All at Once yang memboyong keduanya menuju nominasi Oscar 2023.