Pernah Kritik Matt Sorum Soal Lagu <i>November Rain</i>, Mike Portnoy: Tak Bermaksud Menghina Drumer Lain
Mike Portnoy (Instagram @mikeportnoy)

Bagikan:

JAKARTA - Mike Portnoy mengaku menyesali kata-kata yang dilontarkannya 10 tahun yang lalu terkait pengamatannya terhadap permainan drum Matt Sorum dalam lagu Guns N' Roses, November Rain. Dia menegaskan, tidak bermaksud untuk menghina drumer lain.

Pada Agustus 2012, Portnoy, menggunakan akun Twitternya untuk mengajukan pertanyaan: "November Rain adalah lagu klasik sepanjang masa... tetapi mengapa Matt Sorum memainkan SAMA PERSIS mengisi setiap 4 bar? (tepatnya 23 kali!)"

Dua hari kemudian, Sorum membalas Portnoy, menulis di Twitter, "Isian itu adalah ide Axl [Rose, vokalis Guns N' Roses] sebagai frase musik yang mengalir melalui trilogi, Don't Cry dan Estranged. gabungan album-album itu, Use Your Illusion 1 dan 2 telah terjual 20 juta."

Dia menambahkan, "Ingat, nak, bermain drum bukanlah tentang isian drum yang mewah dan percikan simbal. Tanyakan pada Charlie Watts, Ringo [Starr] dan Phil Rudd."

Portnoy lalu menjawab, "Setuju 1000%!! Ringo adalah salah satu pahlawan terhebat saya!! Tidak ada maksud tidak hormat bro... Hanya mengamati lagu itu. Damai! : )"

Portnoy membahas percakapannya dengan Sorum tersebut saat tampil di episode terbaru podcast "Appetite For Distortion" yang berfokus pada Guns N' Roses. Berbicara tentang bagaimana seharusnya "perseteruan" itu terungkap.

"Itu adalah kesalahpahaman. Itu adalah salah satu perang Twitter yang terus meledak entah dari mana," kata Portnoy mengawali.

"November Rain datang di mana saja, dan saya mendengarnya, dan saya sadar, 'Ya Tuhan. Ini benar-benar terjadi setiap empat bar atau setiap delapan bars.' Dan saya menghitungnya, dan itu kira-kira 37 kali, isian yang sama.

"Begini, saya sangat menghormati Guns N' Roses dan Matt Sorum," jelas Portnoy. "Matt adalah drumer hebat dan dia melakukan hal-hal luar biasa baik di dalam maupun di luar Guns N' Roses. Jadi saya tidak pernah mencoba menghina drumer lain. Saya dapat menemukan sesuatu yang mengesankan atau menginspirasi dari musisi mana pun di luar sana, dan saya tidak pernah ingin merendahkan atau menghina salah satu dari mereka.

"Tapi saya hanya memposting pemikiran acak itu secara acak, seperti, 'Mengapa isian yang sama terjadi 37 kali?' atau apa pun itu. Dan saya menyesal telah melakukan itu karena mungkin dianggap sebagai penghinaan terhadap Matt, dan saya tidak bermaksud demikian. Tetapi dia menanggapi sesuatu dengan efek, 'Oh, setidaknya saya 'tidak perlu seratus potong drum untuk bermain.' Dan kemudian saya, seperti, 'Wah, hei, kamu sedang berbicara dengan penggemar Ringo [Starr] dan Beatles terbesar sepanjang masa. Jangan coba-coba deh'.

"Dan kami akhirnya saling mengirim email secara pribadi dan saya meminta maaf dan saya berkata, 'Begini, saya benar-benar tidak bermaksud tidak hormat sama sekali.' Jadi saya menyesali tweet itu dan telah belajar untuk sedikit lebih berhati-hati tentang pengamatan yang saya lakukan secara online."

Dalam sebuah wawancara tahun 2009 dengan Music Radar, Sorum berbicara lebih rinci tentang pendekatan permainan drumnya dalam November Rain, menjelaskan, "Lagu yang paling membuat saya sedih, dari para penabuh drum, adalah November Rain. Alasan saya memainkan isian tom berkali-kali adalah saya merasa itu adalah bagian musikal. Banyak penabuh drum seperti, 'Kenapa kamu sering memainkan fill yang sama?!'

"Saya dan Axl duduk di studio pada suatu malam, minum-minum dan mendengarkan Elton John, sebuah lagu berjudul Don't Let The Sun Go Down On Me.

"Axl berkata, 'Kamu dengar itu?' Saya seperti, 'Ya, saya suka Nigel Olson, bung'. Dia berkata, 'Lakukan itu pada lagu yang akan kita rekam besok!' Kami telah melatihnya tetapi saya tidak memiliki isian drum dan lainnya, hanya alur. Di akhir lagu November Rain, saya mengikuti seluruh perjalanan marching band itu."