Dianjurkan dalam Islam, Ini Manfaat Berkuda Untuk Kesehatan Fisik dan Psikis
Ilustrasi berkuda (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak banyak masyarakat tahu apa saja manfaat berkuda, baik untuk kesehatan fisik maupun psikis. Bahkan dalam ajaran Islam, berkuda jadi salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh Nabi. Meski memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, aktivitas menunggang kuda masih kurang familiar. Lalu apa saja manfaat menunggang kuda?

Manfaat Berkuda Untuk Kesehatan

Berkuda memang diakui sebagai salah satu olahraga yang cukup menguras tenaga. Meski demikian, banyak manfaat yang bisa didapat oleh penunggang kuda. Beberapa manfaat yang bisa didapat antara lain adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

Manfaat Berkuda untuk Kesehatan Tubuh

  1. Membantu Membakar Kalori

Menunggang kuda membantu membakar kalori di tubuh, sehingga membantu melancarkan pembakaran lemak. Menurut Federasi Berkuda Inggris, menunggang kuda dengan kecepatan pelan selama 30 menit mampu membantu membakar kalori kurang lebih 360 kalori. Menunggang kuda juga membantu mengencangkan otot perut dan mengurangi penumpukan lemak di area peurt asal dilakukan dengan benar.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Posisi berkuda secara tidak langsung membantu penunggangnya memperbaiki postur tubuh. Berkuda adalah latihan yang baik karena menargetkan otot inti yang berdampak pada postur tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan posisi berkuda yang benar.

  1. Menguatkan Jantung

Tahukah Anda bahwa menunggang kuda juga akan membuat penunggangnya merasa terengah-engah. Kondisi tersebut akan membantu meningkatkan kekuatan jantung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan kegiatan ini secara teratur.

Manfaat Berkuda untuk Kesehatan Psikis

Selain fisik, berkuda juga berdampak baik terhadap kesehatan psikis. Adapun manfaat yang bisa didapat adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Sarana Refreshing

Refreshing diperlukan semua orang untuk menghilangkan penat akibat rutinitas yang menjemukan. Dengan berkuda secara teratur, stress yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan akan berkurang sehingga psikis lebih stabil.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Psikis

Berkuda secara tidak langsung akan meningkatkan kepekaan antara manusia dan hewan tunggangannya. Kegiatan tersebut memiliki manfaat terapeutik yang secara tidak langsung berhubungan dengan pengobatan Equine-Assisted Therapy (EAT), metode yang diterapkan untuk mengobati penderita gangguan mental seperti attention deficit disorder (ADD), kecemasan, autisme, depresi, demensia, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri bisa ditingkatkan dengan cara menunggang kuda. Dengan begitu berbagai masalah yang muncul akibat kurangnya rasa percaya diri seperti cemas dan depresi bisa dihilangkan. Kepercayaan diri yang tinggi juga berdampak baik tidak hanya untuk kehidupan bersosial namun pada karier.

Anjuran Berkuda dalam Islam

Dalam Islam, menunggang kuda jadi salah satu kegiatan yang boleh dilakukan. Kegiatan tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya adalah sebagai berikut, dikutip dari islam.nu.or.id.

Umar bin Khattab telah mewajibkan penduduk Syam supaya mengajar anak-anak kamu berenang, dan memanah, dan menunggang kuda.”

Hadits tersebut ada dalam kitab Kanzul Umal fi Sunanil Aqwali wal Af’al karya ‘Alauddin Ali bin Hisamuddin Al-Hindi dan kitab Jamiul Ahadits karya Imam As-Suyuthi.

Namun patut diketahui bahwa hadits tentang berkuda dalam Islam tersebut bersifat mauquf atau hanya sampai pada sahabat, bukan pada Nabi. Dengan demikian kegiatan berkuda dalam Islam hukumnya bukan wajib.

Itulah informasi terkait manfaat berkuda untuk kesehatan. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.