Selain Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat, Ini Manfaat dari Biji Nangka Rebus
Ilustrasi manfaat biji nangka rebus untuk kesehatan (Freepik/topntp26)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di Indonesia, nangka tidak hanya sebagai buah tetapi juga bahan sayur. Seperti untuk sayur lodeh, gudeg, hingga gulai. Tahukah Anda bahwa biji nangka rebus bermanfaat untuk kesehatan? Salah satu manfaat yang paling dikenal adalah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Biasanya biji nangka dibuang begitu saja. Padahal jika direbus, biji dari buah nangka ini berkhasiat. Jika dibandingkan dengan biji buah dari tumbuhan di kawasan tropis lainnya, kandungan nutrisinya penting.

Dalam 1 ons buah nangka, mengandung karbohidrat (11 gram), kalori (53), protein (2 gram), serat (0,5 gram), riboflavin (8 persen dari Referensi Asupan Harian), tiamin (7 persen RDI), magnesium (5 persen RDI), fosfor (4 persen RDI). Melansir Healthline, Jumat, 13 Januari, tiamin dan riboflavin adalah vitamin B yang membantu memberi energi pada tubuh. Lebih spesifik lagi, manfaat dari biji nangka rebus di antaranya berikut ini.

1. Anti mikroba

Dalam pengobatan tradisional, biji nangka kerap digunakan untuk meredakan diare. Faknya menurut penelitian ilmiah, biji nangka memiliki efek antibakteri. Karena bagian luar biji nangka ditutupi partikel kecil yang bertindak sebagai agen terapeutik yang dapat memerangi bakteri seperti E. coli.

biji nangka rebus menurunkan kolesterol jahat
Ilustrasi manfaat biji nangka rebus untuk kesehatan (Freepik/wirestock)

2. Berpotensi anti kanker

Sifat antioksidan dalam biji nangka cukup mengesankan para peneliti sehingga dilakukan sejumlah penelitian untuk membuktikan bisakah bahan alami ini memerangi kanker. Flavonoid, saponin, dan fenolik yang merupakan antioksidan terdapat dalam biji nangka. Penelitian juga menunjukkan senyawa dalam biji nangka membantu melawan peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki kerusakan DNA.

3. Membantu pencernaan

Biji nangka mengandung serat larut dan tidak larut. Serat melewati saluran pencernaan tanpa tercerna dan membantu menormalkan pergerakan usus serta bisa membuat frekuensi buang air besar meningkat.

biji nangka rebus menurunkan kolesterol jahat
Ilustrasi manfaat biji nangka rebus untuk kesehatan (iStockphoto/supamas lhakjit)

Serat dalam biji nangka yang dianggap sebagai prebiotik juga membantu memberi makan bakteri menguntungkan di usus. Bakteri usus yang bermanfaat dan tetap seimbang dalam pencernaan berkontribusi untuk fungsi kekebalan serta kesehatan. Selain itu, serat dapat membantu melindungi dari penyakit radang usus dan meredakan gejala wasir.

Untuk manfaat dari biji nangka rebus yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, diuji di laboratorium dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2015. Penelitian tentang manfaat dari biji nangka untuk menurunkan kolesterol jahat, baru dilakukan pada tikus. Temuannya, tikus yang makan lebih banyak biji nangka mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik. Karena penelitian masih terbatas, maka masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat dari biji nangka rebus untuk menurunkan kolesterol.

Bukan tidak berbahaya, tetapi Anda perlu tetap mempertimbangkan ketika harus minum obat rutin dan dibarengi dengan mengonsumsi biji nangka rebus. Seperti obat aspirin, pengencer darah, antiplatelet, ibuprofen, atau naproxen. Maka disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu pada profesional dan layanan medis.