Efektif Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah, Kenali Manfaat Diet Nordic
Ilustrasi manfaat diet Nordic yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah (Pexels/Kevin Malik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengatur pola makan dengan diet bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tetapi karena terdapat berbagai macam diet, maka Anda perlu memilih diet mana yang efektif menyehatkan. Salah satu diet yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan gula darah ialah diet Nordic.

Diet Nordic, mengonsumsi sejumlah makanan alami, seperti minyak lobak, ikan, sayuran, biji-bijian, dan buah beri. Penelitian tentang diet Nordic mengaitkan dengan manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Tetapi dilansir Ahealthblog¸ analisis dari penelitian terbaru memberikan bukti yang berbeda. Diet Nordik memang memberikan efek positif pada kesehatan terlepas dari menurunkan berat badan atau tidak.

Studi terbarunya, mengungkapkan bahwa diet ini memberikan efek baik pada kolesterol dan gula darah. Bukan untuk menurunkan berat badan. Dari sampel urin dan darah dari 200 orang yang berusia lebih dari 50 tahun, disimpulkan diet Nordic dapat menurunkan kadar kolesterol, penurunan kadar lemak tak jenuh dan jenuh dalam darah, serta regulasi glukosa yang lebih baik.

manfaat diet nordic yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah
Ilustrasi manfaat diet Nordic yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah (iStockphoto)

 

Partisipan yang mengikuti studi semuanya memiliki BMI tinggi dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama mengunsumsi makanan berdasarkan rekomendasi diet Nordic. Kelompok lainnya mengonsumsi makanan normal.

Secara signifikan setelah 6 bulan kelompok pertama memiliki kadar glukosa darah dan kolesterol lebih terkontrol. Peningkatan kesehatan justru didapat ketika berat badan konstan bahkan direkomendasikan untuk tidak kehilangan berat badan.

Peneliti menjelaskan alasannya, bahwa komposisi lemak unik ditemukan dalam diet Nordic. Mereka memiliki zat larut lemak yang berbeda dalam darah. Tampaknya, zat tersebut berkaitan dengan asam lemak tak jenuh dan menunjukkan bahwa diet ini penting dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Lemak diet Nordic berasal dari biji bunga matahari, rapeseed, biji rami, dan ikan. Meski belum ditemukan secara pasti mengapa lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, tetapi dengan berat badan tetap konstan, lemak  diet Nordic berperan dalam kesehatan.

Nah, apa saja makanan yang direkomendasikan dari diet Nordic? Bahan-bahan seperti sayuran akar, bawang, kubis, kacang-kacangan, kacang polong, serta buah-buaha seperti beri, pir prem, dan apel. Kerang, ikan, serta minyak nabati yang terbuat dari biji rami, bunga matahari, dan lobak juga direkomendasikan. Rekomendasi lainnya adalah produk susu rendah lemak serta konsumsi daging jauh lebih sedikit.