5 Manfaat Berenang bagi Lansia, Jaga Kesehatan Fisik hingga Psikis
Ilustrasi kolam renang (Freepik/mrsiraphol)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berenang merupakan olahraga menyenangkan yang dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Aktivitas di air ini membuat badan dan pikiran terasa segar. Selain itu, belum banyak yang tahu bahwa ada banyak manfaat berenang bagi lansia. 

Banyak orang menilai lansia tidak disarankan untuk berenang karena faktor usia. Tubuh yang sudah tua dianggap rentan sakit saat berenang. Padahal berenang bisa memberikan berbagai manfaat bagi lansia, mulai dari kesehatan fisik hingga psikis.

Berenang bisa memberi efek positif bagi lansia, yang mana kondisi fisik dan pikirannya semakin menurun. Berenang menjadi salah satu olahraga yang membantu lansia menjaga kebugaran tubuhnya. 

Manfaat Berenang bagi Lansia

Berenang memberi banyak manfaat bagi semua orang yang melakukanya, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Saat berenang, seluruh otot dan persendian akan bergerak.Selain itu, pernafasan pun terlatih. Berikut sejumlah manfaat berenang bagi lansia.

Menjaga Tulang dan Sendi

Orang lansia tidak memiliki banyak energi seperti anak muda dan tidak banyak bergerak. Kondisi tersebut membuat lansia rentan terkena osteoporosis. Penyakit tulang ini bisa menyerang tanpa terdeteksi. Apabila dibiarkan, maka bisa saja mengalami patah tulang karena tabrakan, terbentur, terjatuh, atau aktivitas lainnya.

Risiko osteoporosis bisa diminimalisir dengan rajin berolahraga. Berenang adalah pilihan olahraga yang lebih aman bagi lansia karena rendah risiko terjatuh atau mengalami patah tulang. 

Berbagai jurnal kesehatan mengatakan bahwa berenang bisa meningkatkan kekuatan otot di seluruh bagian tubuh. Saat berenang, otot di seluruh bagian tubuh akan bekerja. Selain itu berenang juga dapat mengurangi nyeri, meningkatkan keseimbangan, hingga membantu lebih rileks. 

Menjaga Kinerja Otak

Berenang tidak hanya berperan baik bagi kesehatan fisik, namun juga bagi kinerja otak. Semakin tua seseorang, volume otaknya pun ikut menurun 5 persen per dekade, dan akan menyusut drastis setelah berusia 40 tahun. 

Sebuah penelitan dari American Academy of Neurology di Toronto, Kanada, mengungkapkan bahwa lansia yang berkegiatan secara rutin memilik otak yang lebih besar dan aktif dibandingkan dengan yang tidak melakukannya. Berbagai kegiatan yang dimaksud seperti berenang, berkebun, menulis, berjalan, dan lainnya. 

Mengurangi Stres

Orang tua rentan mengalami stres karena banyak faktor. Apabila dibiarkan tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan psikis. Salah satu cara mengurangi kegelisahan atau kecemasan adalah dengan berolahraga. 

Saat berolahraga, anda akan mampu mengendalikan amarah sehingga perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, berenang juga bisa mendorong kinerja jantung yang berguna mengatasi stres. Penelitian yang dilakukan Daniel Landers menemukan bahwa 60 persen olahraga kegemaran yang dilakukan secara rutin dapat mengetasi gejala depresi tanpa obat. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aktivitas olahraga dapat meningkatkan hormon dopamin, adrenalin, endorfin, dan serotonin. Begitu pun ketika anda berenang. Hormon yang diproduksi tersebut berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sentuhan atau basahan air dalam kolam dapat menimbulkan rasa rileks dan nyaman. 

Saran Interaksi

Berenang juga menjadi sarana berinteraksi dan bercengkerama bagi lansia. Aktivitas tersebut bermanfaat untuk menghilangkan kebosanan yang dialami para lansia. Notebene lansia biasanya hanya berdiam di rumah dan sudah tidak punya banyak teman untuk berkomunikasi. 

Saat berada di kolam renang, lansia bisa berinteraksi dengan lansia lain atau orang dari berbagai kalangan usia. Lansia bisa saling mengobrol hingga tertawa. Selain di kolam, lansia juga bisa bersantai di kafe yang disediakan pemilik kolam.

Itulah sejumlah manfaat berenang bagi lansia. Jadi jangan ragu untuk mengajak orang tua atau kakek dan nenek anda untuk berenang bersama. Namun janga lupa untuk selalu memperhatikan kondisinya ketika di kolam renang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.