Punya Double Chin, Begini Kiat Membuat Tampilan Dagu Lebih Tirus
Ilustrasi (Thirdman/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar double chin atau dagu berlipat memang terbentuk akibat adanya penumpukan lemak di bawah dagu. Namun, penyebab double chin bukan hanya itu saja. Double chin juga bisa muncul meski tidak ada penimbunan lemak. Keturunan atau genetik serta elastisitas kulit yang menurun juga bisa jadi alasan mengapa double chin bisa muncul di dagu Anda. 

Meski begitu, jangan panik dan takut jika Anda rasa penampilan jadi kurang maksimal. Karena ada kiat-kiat khusus yang bisa Anda lakukan untuk membuat dagu lebih tirus. Melansir Smart Answers, Selasa, 13 Desember, berikut kiatnya.

Buat gerakan rahang lurus

Dorong kepala ke belakang dan lihat ke arah langit-langit. Kemudian gerakkan rahang bawah ke depan untuk merasakan regangan di bawah dagu. Tahan posisi ini selama 10 detik. Setelah itu, coba rileks dan kembalikan wajah Anda ke posisi normal.

Latihan menggunakan softball

Dalam latihan ini, letakkan softball berukuran 9 hingga 10 inci di bawah dagu Anda. Dengan softball tersebut, tekan dagu ke arah bola sebanyak 20 hingga 25 kali. Fungsinya, untuk mengecilkan area bawah dagu. Lakukan latihan ini 3 kali seminggu untuk mendapat hasil efektif.

Peregangan lidah

Dalam posisi normal, regangkan lidah Anda sejauh mungkin. Setelah itu, coba sentuh hidung dengan lidah Anda dan tetap dalam posisi ini selama 10 detik. Peregangan lidah atau sucking ini juga berfungsi meningkatkan kekuatan bibir, lidah, dan rahang.

Peregangan leher

Pertahankan kepala Anda pada posisi yang sama seperti latihan pertama dan sentuh lidah Anda ke langit-langit mulut Anda. Coba tahan posisi ini selama 5 hingga 10 detik dan lepaskan. Gerakan ini akan membantu Anda mengencangkan kulit di sekitar leher.

Gerakan rahang bawah

Gerakkan kepala ke belakang dan lihat langit-langit. Kemudian putar kepala Anda ke kanan. Sekarang geser rahang bawah Anda ke depan dan tahan selama 10 detik. Demikian pula, ulangi ke arah lain.

Mengurangi double chin melalui diet dan olahraga

Beberapa orang memiliki double chin karena penambahan berat badan. Dalam hal ini, menurunkan berat badan berlebih dapat membantu mengurangi double chin dan membantu Anda mengencangkan kulit leher. Berkomitmenlah untuk konsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan.