4 Tempat yang Dipilih untuk Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: IG @kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo dan Iriana akan melangsungkan pernikahannya dengan Erina Gudono dalam waktu dekat. Berlangsung pada 10 dan 11 Desember, pernikahan keduanya akan diadakan di Jogja dan Solo.

Seperti orang Jawa pada umumnya, pernikahan Kaesang dan Erina menggunakan adat Jawa. Berbagai prosesi, baik sebelum maupun setelah akad nikah akan dilangsungkan di empat tempat berbeda.

Berikut 4 tempat yang dipilih untuk melangsungkan pernikahan Kaesang dan Erina:

Rumah Erina Gudono

Berbagai prosesi pernikahan adat Jawa yang dilakukan sebelum akad nikah akan berlangsung di kediaman keluarga Erina Gudono yang terletak di Purwosari, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Acara di rumah keluarga Erina akan dimulai pada Kamis, 8 Desember dengan mengadakan pengajian. Kemudian dilanjutkan prosesi siraman dan midodareni keesokan harinya. Karena keterbatasan tempat, tamu yang dapat hadir dalam acara di tempat ini akan sangat dibatasi.

Sebelum acara berlangsung, akses jalan menuju rumah keluarga Erina juga telah diperbaiki oleh pemerintah setempat, dan tanah kosong di seberang rumah akan dibangun tenda sebagai tempat bagi para tamu yang datang.

Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilangsungkan di salah satu tempat terbaik untuk melangsungkan pernikahan di Yogyakarta yang berada di kawasan Amabarrukmo.

Di kawasan bersejarah yang dimiliki Keraton Yogyakarta itu, Kaesang akan melakukan ijab kabul di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember siang.

Loji Gandrung

Loji Gandrung dipilih untuk melangsungkan prosesi ngunduh mantu yang akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember. Bangunan bersejarah itu juga diketahui sebagai Rumah Dinas Walikota Solo, Gibran Rakabuming.

Loji Gandrung terletak di Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, dan hanya berjarak 1,8 km dari Pura Mangkunegaraan. Setelah menggelar ngunduh mantu, rombongan pengantin akan melakukan arak-arakan dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaraan.

Pura Mangkunegaraan

Tempat terakhir yang akan digunakan dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina adalah Pura Mangkunegaraan yang terletak di Jalan Ronggowarsito, Kota Surakarta. Di tempat tersebut, akan dilangsungkan tasyukuran dan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina dengan konsep pesta rakyat.

Sejatinya, Pura Mangkunegaraan merupakan istana bagi Kadipaten Praja Mangkunegaraan dan tempat kediaman para penguasanya. Namun seiring berjalannya waktu, Pura Mangkunegaraan kerap digunakan untuk pertunjukan seni dan tempat wisata.