Gabungkan Film dan Teater, ‘Setelah Lewat Djam Malam’ Siap Beri Pengalaman Baru bagi Penonton
Konferensi pers Setelah Lewat Djam Malam (VOI/Ivan Two Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah karya film terkenal dari Usmar Ismail, ‘Lewat Djam Malam’ akan ditampilkan melalui konsep pertunjukan yang unik. Dirilis pada tahun 1954, film itu akan ditampilkan ke dalam panggung teater dengan judul ‘Setelah Lewat Djam Malam’.

Mengusung konsep yang kolaborasi silang media film dan pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam disutradarai oleh Yudi Ahmad Tajudin, dan diperankan oleh Reza Rahadian, Lukman Sardi, Dira Sugandi, Kelly Tandiono, Sal Priadi dan Josh Marcy.

Film Lewat Djam Malam yang mengangkat isu-isu kebangsaan pada zamannya dianggap sebagai salah satu karya film klasik Indonesia terbaik yang akan menarik untuk ditampilkan kembali.

“Saya sepakat sama EB (produser) untuk menggunakan Lewat Djam Malam sebagai pijakan karya akan kami ajak berdialog. Di proyek ini akan ada dialog antar media, medium film dan medium panggung, dan sebenarnya juga ada medium-medium yang lain,” kata Yudi Ahmad Tajudin dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis, 24 November.

Yudi juga menganggap isu kebangsaan yang diangkat oleh Usmar Ismail sebagai tema dalam filmnya masih sangat relevan dengan keadaan bangsa saat ini.

“Temanya juga saya kira masih relevan dengan kondisi saat ini, bagaimana kita melihat kembali paham kebangsaan kita hari ini,” ujarnya.

Sutradara tersebut pun mengajak para penonton untuk hadir menyaksikan pertunjukan secara langsung. Ia berharap penonton mendapat pengalaman baru dari pertunjukan yang ditampilkan.

“Sebagai sutradara, saya membayangkan (pertunjukan) ini akan menyenangkan sekali kalau teman-teman penonton juga bisa datang, untuk mengalami pertunjukan silang media dan pada saat yang sama memasuki percakapan tentang kebangsaan,” tuturnya.

Sebagai informasi, konsep silang media film dan pertunjukan yang diusung Setelah Lewat Djam Malam merupakan konsep dimana penonton dapat melihat secara langsung kolaborasi antara rekaman film asli dan pertunjukan teater yang ditampilkan oleh para aktor di atas panggung dalam satu kesatuan.

Setelah Lewat Djam Malam akan berlangsung selama dua hari, 2 dan 3 Desember 2022 pukul 20.00 WIB di Graha Bakti Budaya (GBB) Taman Ismail Marzuki. Tiket dapat dibeli secara langsung melalui Loket.com dan GoTix.