6 Tips Motivasi Diri untuk Memulai Konsumsi Makanan Sehat
Ilustrasi (Nathan Cowley/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda mungkin telah membuat banyak komitmen untuk mulai konsumsi makanan sehat secara teratur. Tetapi tampaknya kehilangan motivasi untuk makan dengan benar adalah hal biasa. Jadi bagaimana Anda menjaga diri tetap termotivasi untuk hanya makan apa yang sehat? Nah, tak perlu khawatir karena beberapa tips ini akan mendorong Anda tetap menjalani diet sehat. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tetapkan tujuan

Menetapkan tujuan sangat penting dalam transformasi diri. Tujuan bisa membuat lebih fokus dan memberi Anda kemampuan mendisiplinkan diri sendiri demi mencapai keinginan dalam hidup. Meski tidak mudah, tapi punya tujuan bisa membuat hidup lebih menantang dan menyenangkan.

Agar Anda tetap termotivasi mengonsumsi makanan sehat, Anda perlu menetapkan tujuan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan dapat dilacak. Menjadi spesifik dan realistis dengan tujuan akan menjauhkan Anda dari putus asa dan akan meningkatkan peluang mempertahankan gaya hidup sehat.

Mulai dari hal kecil

Tak perlu memaksakan diri cepat beradaptasi dengan rutinitas hidup sehat. Ingatlah, diet seimbang bukan aktivitas yang dilakukan sekali tetapi tujuan seumur hidup. Mulailah dari hal kecil yang bisa Anda lakukan. Seperti konsumsi sayuran hijau atau minum 8-10 gelas air tiap hari. Setelah berhasil melakukannya, coba tingkatkan ke kebiasaan yang lebih sulit. 

Sediakan makanan bergizi

Untuk memotivasi diri konsumsi makanan sehat berhasil, Anda perlu menyediakan makanan bergizi di dapur. Jangan simpan makanan-makanan yang tidak sehat di dalam rumah agar tidak tergoda. Selain itu, menyimpan persediaan makanan yang sehat akan memotivasi Anda memasak makanan yang baik untuk jantung dan tubuh.

Tanggung jawab

Konsumsi makanan sehat tidak sulit dilakukan jika Anda memiliki disiplin dan tanggung jawab pada diri. Jika benar-benar ingin menjalani gaya hidup sehat, bertanggung jawablah terhadap tubuh sendiri dan pilihlah makanan tepat untuk dimakan. Tubuh  adalah rumah bagi jiwa. Apa yang Anda lakukan dan yang terjadi padanya adalah tanggung jawab Anda.

Sabar

Menjalani gaya hidup sehat membutuhkan kesabaran. Kurang sabar bisa merusak rencana diet sehat. Luangkan waktu membuat rencana agar diet sehat bisa berhasil dalam jangka panjang. Pasang surut dalam proses tentu akan dialami. Namun, kesabaran dan komitmen sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan tersebut.

Jika gagal mencapai tujuan di minggu pertama, jangan berkecil hati. Tetap coba hingga Anda mencapai tujuan yang diinginkan. Ingatlah, rencana berbeda dengan tujuan. Jika rencana Anda tak berhasil, ubah saja tetapi tetap berpegang pada tujuan Anda.

Kuatkan mental

Dalam hal makan, biasanya orang akan mengandalkan selera. Anda biasanya mengikuti apa yang diinginkan sel reseptor rasa. Apakah yang diinginkan adalah makanan manis, asin, asam, atau pahit. Namun, selera hanya menginginkan apa yang biasa dirasakan. Sulit memaksa sel reseptor mencicipi sesuatu sehat jika belum terbiasa. 

Untuk mengubah diet menjadi kebiasaan sehat, Anda harus mengandalkan sel-sel otak daripada sel-sel reseptor rasa. Anda harus berpikir bahwa makanan sehat baik untuk seluruh tubuh juga hidup. Jadi, biarkan pikiran mengajari lidah hingga pada akhirnya jadi terbiasa dengan rasa makanan sehat.