5 Cara Jaga Kesehatan Usus untuk Pencernaan yang Lebih Baik
Ilustrasi (Vicky Tran/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda pasti pernah mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, mulas, mual, sembelit, atau diare. Jika sesekali terjadi, masih wajar sebab siapa tahu penyebabnya karena salah menerapkan pola makan. Namun, ketika gejala ini sering terjadi, alangkah baiknya segera ditanggulangi karena bisa menyebabkan masalah serius, seperti memengaruhi status kecukupan gizi pada seseorang. 

Melansir Hopkins Medicine, Senin, 14 November, sistem pencernaan memiliki fungsi utama mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi antara lain diperlukan untuk proses perkembangan, perbaikan sel tubuh, termasuk sebagai sumber energi sehari-hari.

Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat berdampak positif pada peningkatan kesehatan sistem pencernaan seseorang. Berikut adalah lima cara berbasis riset yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan usus

Konsumsi makanan yang benar

Makanan yang benar yaitu makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran. Serat dalam makanan membangun bakteri baik yang bertugas menjaga kesehatan usus. Makanan lain yang dapat membangun sistem pencernaan yang sehat termasuk kefir, minuman susu fermentasi yang mirip dengan yogurt dan kaya akan probiotik dan makanan fermentasi atau acar lainnya seperti kimchi, sauerkraut, dan acar jahe.

Penuhi kebutuhan tidur harian

Tidur yang cukup juga bisa menganggu kesehatan usus. Kurang tidur sangat erat kaitannya dengan obesitas. Jika tubuh mengalami obesitas, maka lambat laun Anda akan mengalami gangguan sistem pencernaan. Untuk itu, penuhi kebutuhan tidur harian minimal 8 jam perhari, ya. 

Minum cukup air 

Asupan cairan yang rendah adalah penyebab umum konstipasi atau sembelit. Para ahli merekomendasikan untuk minum 50–66 ons (1,5–2 liter) cairan non-kafein per hari untuk mencegah sembelit. Namun, Anda mungkin perlu lebih banyak jika hidup dalam iklim yang panas atau rutin melakukan olahraga dengan intensitas berat. Cara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan Anda adalah dengan memasukkan buah-buahan dan sayuran yang tinggi air, seperti mentimun, tomat, melon, stroberi, grapefruit dan persik.

Bergerak lebih banyak

Seperti aspek kesehatan lainnya, olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat untuk menangkal masalah sistem pencernaan. Jika Anda belum terbiasa dengan olahraga berat, maka lakukan yang ringan saja terlebih dahulu. Setidaknya, luangkan waktu Anda berolahraga 30 menit setiap hari.

Kelola stres

Selain makanan dan istirahat, Anda juga diminta mengelola stres dengan baik untuk mencegah sakit pencernaan yang tidak diinginkan. Pola hidup sehat yang Anda jalani akan sia-sia jika Anda tidak pandai mengatur stres dengan baik. Saat tekanan banyak sedang melanda, cobalah terapi relaksasi bersama dengan teknik distraksi lainnya.