Saat Kolesterol Tubuh Sedang Tinggi, Batasi Konsumsi 4 Makanan Ini
Ilustrasi kolesterol tinggi tidak boleh makan apa (Pexels/René Roa)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kolesterol tinggi perlu diwaspadai karena bisa membentuk plak pada arteri dan efek buruknya memicu penyakit jantung serta stroke. Oleh karena itu, selain perlu menjaga pola makan sehat juga cek medis secara rutin perlu dilakukan. Bagi Anda yang sedang dalam kondisi kolesterol tubuh tinggi, perlu menghindari makan makanan di bawah ini.

1. Daging merah

Daging merah termasuk daging sapi, babi, dan domba umumnya tinggi lemak jenuh. Biasanya, daging dalam hamburger, juga berbahan dari daging merah. Termasuk juga daging iga dan grill yang memiliki kandungan lemak tinggi.

Melansir Harvard Health, Rabu, 16 November, Anda tidak harus menghindari daging sepenuhnya. Paling aman, cukup makan sesekali saja. Ketika memakannya, batasi dalam porsi maksimal 3 ons dan pilih potongan yang lebih ramping, seperti sirloin. Lebih baik lagi jika mengganti makanan tinggi lemak ini dengan protein rendah lemak jenuh seperti ikan, ayam tanpa kulit, dada kalkun, dan kacang-kacangan.

kolesterol tinggi tidak boleh makan apa
Ilustrasi kolesterol tinggi tidak boleh makan apa (Pexels/Pablo Macedo)

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang telah dicelupkan dalam minyak penggorengan, seperti sayap ayam, stik mozzarella, ataupun onion ring, termasuk makanan paling buruk tingkat kolesterolnya. Memproses makanan dengan menggoreng, dapat meningkatkan kepadatan energi atau jumlah kalori makanan. Jika Anda menyukai gorengan yang renyah, upayakan digoreng dengan air frying dan minyak zaitun. Sebagai alternatif lain, pilih pengolahan makanan dengan dipanggang atau dikukus.

3. Daging olahan

Potongan daging merah yang diolah seperti sosis, hot dog, dan bacon, paling gemuk kolesterol dan lemak jenuh. Bacon dan sosis yang dibuat dari kalkun maupun ayam mungkin tampak sehat, tetapi tetap perlu menghindari makanan olahan ketika kolesterol sedang tinggi.

4. Kue panggang

Meskipun makanan dipanggang lebih sehat alih-alih digoreng, tetapi cookies, pastry, dan cake cenderung memakai mentega dalam jumlah besar. Artinya, selama memakai mentega, maka kadar kolesterolnya tinggi.

Tetapi Anda tak perlu menghindari sepenuhnya, hanya buat beberapa alternatif pengganti. Hindari mentega dalam mengolah roti atau kue. Kalau membuat toast, ganti mentega dengan saus apel atau pisang yang rendah gula. Atau paling aman, makan yoghurt rendah lemak ditambah buah beri sebagai makanan pencuci mulut.

Sebagai informasi penting, lebih dari 90 juta orang dewasa Amerika Serikat memiliki kolesterol tinggi. Berarti kadar lemak darah melebihi 200 miligram per desiliter (mg/dL). Makanan tertentu seperti oatmeal, kacang-kacangan panggang, dan ikan berlemak omega-3 akan lebih baik dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda.