Apa Saja Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah? Ini Jawabannya
Ilustrasi TBC (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tuberkulosis atau tubercle bacillus (TBC) masih menjadi momok yang mengerikan. Pasalnya, penyakit ini mampu memicu kematian pada penderitanya. Selain itu penularan TBC juga sangat cepat sehingga kadang penderita tak sadar ia terjangkit penyakit itu. Lalu apa saja ciri penyakit TBC yang sudah parah?

Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah

Gangguan kesehatan tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri dan biasanya menyerang organ paru-paru. Beberapa organ lain seperti ginjal, tulang belakang, atau otak juga berpotensi terkena dampak penyakit ini.

Penyakit TBC bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Pada periode awal, gejala yang dirasakan pasien setelah terinfeksi TBC adalah batuk. Namun kondisinya akan makin parah jika tak ditangani dengan baik. Berikut ciri penyakit TBC dari yang ringan hingga yang sudah parah.

  1. Batuk

Gejala awal seseorang yang terinfeksi TBC adalah batuk. Awalnya, banyak orang menganggap remeh batuk yang diderita karena memang mirip dengan batuk biasa. Pada TBC, batuk yang menyerang bisa lebih dari tiga minggu.

Saat terkena TBC, produksi lendir di paru-paru penderita akan meningkat sehingga tubuh akan mencoba mengeluarkan lendir dengan mekanisme batuk. Dahak yang keluar saat batuk biasanya berwarna hijau atau kuning yang berarti adanya infeksi bakteri.

  1. Rasa Nyeri di Dada

Seorang yang terinfeksi TB juga akan mengalami rasa nyeri di dada ketika menarik napas. Gejala ini muncul setelah paru-paru mengalami peradangan karena banyaknya lendir. Bahkan pasien bisa kesulitan bernapas dan muncul rasa sakit saat tarik napas.

  1. Keluar Keringan saat Malam

Pada saat malam hari, pasien TB akan berkeringan lebih banyak dibanding saat siang hari padahal tidak ada aktivitas berat yang sedang dilakukan. Ciri ini memang tak dirasakan oleh semua penderita TB namun bisa jadi gejala yang harus diperhatikan.

  1. Demam dan Nyeri Sendi

Penderita TB juga akan mengalami demam dan nyeri di bagian sendi seperti saat flu. Namun suhu badan yang muncul bisa lebih dari 38°C. Kondisi ini terjadi karena tubuh sedang melawan infeksi dalam tubuh. Tahap ini berarti kondisi TB berada pada tahap awal infeksi aktif. Demam yang terjadi biasanya berpola dan tidak terjadi sepanjang hari. Demam ini biasanya terjadi hingga 3 minggu.

  1. Gampang Lelah

Kondisi ini muncul karena kondisi tubuh yang lemas diperparah dengan terganggunya suplai oksigen dalam darah karena terganggu dengan lendir di paru.

  1. Anemia

Anemia atau kekurangan darah merah juga akan dialami oleh penderita TB hingga menyebabkan kulit menjadi lebih pucat dibanding kondisi normalnya.

  1. Nafsu Makan Drop

Nafsu makan penderita TB yang mulai parah adalah kehilangan nafsu makan. Hal tersebut kemudian berdampak pada penurunan berat badan.

  1. Darah pada Lendir saat Batuk

Saat gejala penyakit TB makin parah, pasien akan batuk darah yang biasanya bercampur dengan dahak. Hal ini terjadi karena batuk yang terus menerus hingga membuat paru-paru atau saluran pernapasan mengalami radang dan berdarah.

TBC bisa makin parah dan menyebabkan komplikasi dan menginfeksi organ tubuh lain lewat peredaran darah. Ciri penyakit TBC yang mulai parah seperti nyeri punggung, radang sendi, selaput otak membengkak, hingga kelainan jantung.

Itulah informasi terkait ciri penyakit TBC yang sudah parah. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.