Cara Mengatasi Emosi Anak yang Meledak-Ledak: Tetap Tenang Dan Lakukan Beberapa Upaya Ini
Cara Mengatasi Emosi Anak yang Meledak-Ledak (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika seorang anak dan biasanya anak kecil berubah dan menjadi agresif, mereka dapat menimbulkan risiko serius bagi diri mereka sendiri dan orang lain, termasuk orang tua dan saudara kandungnya. Adakah cara mengatasi emosi anak yang meledak-ledak?

Tidak jarang anak-anak yang kesulitan menangani emosinya kehilangan kendali dan mengarahkan kesedihannya pada pengasuh, berteriak dan memaki, melempar benda berbahaya, atau memukul dan menggigit. Ini bisa menjadi pengalaman yang menakutkan dan menegangkan bagi Anda dan anak Anda juga. Anak-anak sering merasa menyesal setelah mereka lelah dan tenang. Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Sangat membantu untuk terlebih dahulu memahami bahwa perilaku adalah komunikasi. Seorang anak yang begitu kewalahan sehingga mereka memukul adalah anak yang tertekan. Mereka tidak memiliki keterampilan untuk mengelola perasaan mereka dan mengekspresikannya dengan cara yang lebih dewasa. Mereka mungkin kekurangan bahasa, atau kontrol impuls, atau kemampuan memecahkan masalah.

Terkadang orang tua melihat perilaku eksplosif semacam ini sebagai manipulatif. Tetapi anak-anak yang menyerang biasanya tidak mampu menangani frustrasi atau kemarahan dengan cara yang lebih efektif—misalnya, dengan berbicara dan mencari cara untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Meskipun demikian, bagaimana Anda bereaksi ketika seorang anak menyerang memiliki efek pada apakah mereka akan terus merespons kesusahan dengan cara yang sama, atau belajar cara yang lebih baik untuk menangani perasaan sehingga mereka tidak menjadi berlebihan. Beberapa petunjuk:

Anak yang Emosinya meledak-ledak cenderung dapat menyakiti orang lain (Unsplash)
Anak yang Emosinya meledak-ledak cenderung dapat menyakiti orang lain (Unsplash)

Cara Mengatasi Emosi Anak yang Meledak-Ledak

Pastikan Area Sekitar Anak Anda Aman

Pastikan area di sekitar anak Anda aman dan tidak ada yang bisa terluka jika dan saat anak Anda menyerang. Keluarkan diri Anda dan saudara kandung dari area tersebut.

Kurangi rangsangan di sekitar mereka. Matikan TV, matikan lampu. Idenya adalah membiarkan anak Anda kelelahan. Langkah ini berlaku untuk remaja dan juga anak kecil.

Fokus untuk Menjadi Tenang

Bahkan jika emosi sedang memuncak, berusahalah untuk menenangkan diri. Bicaralah dengan anak Anda dengan nada tenang, bahkan jika Anda ingin berteriak padanya.

Beri tahu anak Anda bahwa perilakunya tidak dapat diterima dan Anda akan berbicara dengannya ketika mereka sudah tenang.

Model perilaku yang baik untuk anak Anda. Ingat, anak-anak belajar dari orang tua mereka, yang merupakan alasan lain Anda ingin tetap tenang. Anda mengajari mereka cara yang tepat untuk mengelola situasi stres.

Jangan Menanggapi Pemanggilan Nama atau Pelecehan Verbal

Jika anak Anda meneriaki Anda, memanggil nama Anda, atau mengatakan bahwa Anda adalah “orang tua terburuk di dunia”, jangan tanggapi. Dan jangan menganggapnya pribadi. Sebaliknya, tinggalkan ruangan atau kirim mereka ke kamar tidur mereka.

Juga, jangan balas membentak anak Anda karena itu akan menyedot Anda ke dalam kemarahan mereka dan membuat Anda menjadi pusat kemarahan mereka.

Bicara Nanti, Saat Kalian Sama-sama Tenang

Waktu untuk berbicara adalah ketika Anda dan anak Anda sama-sama tenang. Jika mereka berteriak di kamar mereka, mereka seharusnya tidak mendapatkan perhatian Anda, titik.

Jangan khawatir jika Anda seolah-olah mengabaikan perilaku yang tidak pantas. Apa yang Anda lakukan tidak bereaksi terhadap teriakan itu. Atau, dengan kata lain, Anda tidak membiarkan teriakan anak Anda mengendalikan tindakan Anda.

Nanti, ketika keadaan sudah tenang, dan pada waktu yang Anda pilih, Anda bisa menjelaskan kepada anak Anda bahwa perilaku mereka tidak dapat diterima. Beri tahu mereka bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengatasi kemarahan daripada kehilangan kendali. Tetapi lakukanlah dengan persyaratan Anda, bukan anak Anda. Bagaimanapun, Anda adalah CEO rumah tangga Anda.

Anda mungkin juga meminta anak Anda menebus kesalahannya jika mereka melanggar sesuatu atau menyakiti orang lain. Jika anak Anda masih sangat kecil, Anda mungkin ingin mereka menggambar yang bertuliskan, "Maaf." Jika anak Anda lebih besar, mintalah mereka melakukan sesuatu yang lebih berarti bagi orang yang telah mereka sakiti.

Berikan Konsekuensi untuk Perilaku, Bukan Kemarahan

Jangan beri konsekuensi karena anak Anda marah. Sebaliknya, berikan konsekuensi untuk perilaku spesifik anak Anda yang tidak pantas, seperti pelecehan verbal, kekerasan fisik, atau perusakan properti.

Anak Anda perlu memahami bahwa tidak apa-apa untuk merasa marah. Kita semua merasa marah dari waktu ke waktu. Dan terkadang kita berteriak. Namun demikian, kita perlu belajar mengatur diri sendiri dengan tepat ketika kita marah.

Dengan kata lain, beri tahu anak Anda bahwa kemarahan itu normal dan akan selalu ada hal-hal dalam hidup yang membuat mereka marah. Kemudian tekankan bahwa mereka bertanggung jawab dan akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perilaku tidak pantas yang diakibatkan oleh kemarahan mereka.

Tentukan apakah Anak Anda Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Jika pada suatu saat Anda merasa bahwa perilaku anak Anda melampaui amarah yang normal, atau jika Anda benar-benar tidak dapat bertahan lebih lama lagi sebagai orang tua, pastikan untuk mencari bantuan seorang profesional.

Saya ingin menekankan bahwa perilaku ini tidak selalu berarti bahwa anak Anda memiliki masalah kesehatan mental—kemarahan anak sering kali merupakan emosi yang normal. Tetapi, setiap kali ada keraguan dalam pikiran Anda, bicarakan dengan dokter anak anak Anda atau profesional perawatan kesehatan tepercaya.

Berikut adalah beberapa saat ketika Anda harus mencari pendapat profesional:

  • Jika anak Anda tidak merespons meskipun Anda konsisten dengan rencana tindakan Anda. Seorang konselor akan sering membantu Anda mengerjakan rencana Anda dan memperkuat ide-ide ini selama konseling.
  • Jika pemicu anak Anda tampaknya tidak rasional atau masuk akal.
  • Jika anak Anda tidak dapat mengatasi pemicunya, konseling mungkin diperlukan. Jika kecemasan adalah pemicunya, mereka akan membutuhkan cara yang lebih baik untuk bereaksi ketika mereka merasa gugup atau malu.

Kesimpulan

Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak menangani hal-hal seperti yang Anda inginkan ketika anak Anda kehilangan kendali di masa lalu. Mungkin Anda berteriak balik atau menyerah ketika mereka mengamuk atau kehilangan kesabaran.

Tetapi tidak seorang pun dari kita secara otomatis tahu bagaimana menghadapi semua yang dilakukan anak-anak kita. Kami membuat kesalahan. Kami belajar.

Jadi, beri diri Anda waktu istirahat untuk menyusun rencana kemarahan Anda untuk kali berikutnya anak Anda meledak. Bersabarlah dan gigih, dan Anda dapat mengelola ledakan ini dan memulihkan kedamaian di rumah Anda.

Jadi setelah mengetahui cara mengatasi emosi anak yang meledak-ledak, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!