Duh, Jin Ha <i>Pachinko</i> Terlibat Skandal Pelecehan Seksual karena Foto Ratusan Nenek Tanpa Izin
Jin Ha (Foto: Apple TV+)

Bagikan:

JAKARTA - Jin Ha, bintang drama Korea Pachinko tersandung kasus pelecehan seksual. Lawan main Lee Min Ho ini merupakan pelaku kamera tersembunyi dan pelecehan seksual 12 tahun yang lalu.

Foto-foto tersebut telah diunggah di akun media sosial pribadinya selama 12 tahun, sejak 2010 hingga 2022. Foto tersebut kini telah menghilang usai kontroversi mulai pecah.

Dikutip dari Allkpop, Sabtu, 26 Maret, Jin Ha mengunggah sekitar 100 foto perempuan tua di kereta bawah tanah dan bus di blog media sosialnya.

Jin Ha menyebut foto-foto tersebut sebagai “Flowers In Bloom” karena sebagian besar foto yang diunggah menampilkan nenek-nenek yang mengenakan baju bunga-bunga.

“Flowers In Bloom, rangkaian foto yang dibuat untuk menunjukkan tren fesyen glamor Korea,” tulis Jin Ha.

Jin Ha mengunggah foto tersebut tanpa menutupi wajah mereka. Diduga, foto tersebut diambil tanpa persetujuan dari perempuan-perempuan tersebut. Jin Ha menuliskan komentar yang dinilai mengarah pada pelecehan seksual.

“Bekerja dengan model provokatif seperti itu, saya merasa sulit untuk mengendalikan diri dan nafsu saya,” tulisnya.

Foto-foto ilegal di akun media sosial pribadi Jin Ha disimpan secara publik dari 2010 hingga baru-baru ini (2022). Namun semuanya baru dihapus setelah kontroversi pecah.

Masa lalu kelam Jin Ha terungkap menjelang perilisan perdana "Pachinko" di Korea pada 25 Maret. Beberapa pemirsa domestik dan asing pun kehilangan minat mereka pada drama tersebut.

Kejahatan yang disebabkan oleh kamera tersembunyi dapat menghancurkan kehidupan banyak wanita. Maka dari itu kejahatan Jin Ha tidak bisa dianggap enteng.