5 Gerakan Yoga untuk Membantu Relaksasi, Mau Coba?
Ilustrasi teknik dan pose yoga untuk menenangkan pikiran (iStockphoto)

Bagikan:

JAKARTA – Aktivitas yang bisa membantu lebih rileks ialah dengan beryoga. Seperti yang diketahui, bahwa yoga tidak hanya gerakan tetapi juga mendorong fokus, merasakan napas, dan membantu relaksasi.

Nah, bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk merilis stres atau ketegangan, lima pose atau gerakan di bawah ini bisa dilakukan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk melakukan gerakan berikut ini.

1. Child pose

gerakan yoga untuk relaksasi
Ilustrasi pose yoga untuk relaksasi, child pose (Unsplash/Katie Lue)

 

Pose anak atau child pose, dilansir Today, Rabu, 5 Januari, merupakan gerakan santai yang meregangkan lengan dan punggung. Apabila Anda sering duduk, punggung dan bahu akan terasa tegang. Artinya bisa melakukan gerakan pertama ini. Efek dari child pose ialah menenangkan, terutama ketika mengambil napas dalam-dalam.

2. Cat and cow

gerakan yoga untuk relaksasi
Ilustrasi pose yoga cat and cow (iStockphoto)

 

Menurut pelatih yoga dan pilaster bersertifikat, Stephanie Mansour, gerakan cat and cow kerap ia lakukan pada pagi hari untuk mengendurkan tulang belakang dan membuka dada. Pose ini juga membantu meningkatkan kelenturan punggung sambil meregangkan leher dan membuka dada untuk bernapas dalam-dalam.

Gerakannya lambat, dimulai dari posisi tumpuan badan pada lutut dan tangan. Ketika mengambil posisi cow, hirup udara dan jatuhkan perut ke lantai serta punggung melengkung ke bawah. Jaga kepala tetap tegak, pesan Stephanie.

Saat buang napas, disebut posisi kucing dengan menggerakkan punggung sebaliknya, perut menjauhi lantai. Setiap gerakan atau pose-pose ini dilakukan selama 30 detik.

3. Cobra

garakan yoga untuk relaksasi
Ilustrasi pose yoga cobra (Unsplash/Katie Lue)

 

Pose cobra adalah gerakan yang lambat yang juga membantu meregangkan tulang belakang dan membuka dada. Pose ini bagus untuk fleksibilitas dan membantu menghilangkan rasa lelah serta stres. Caranya, letakkan telapak tangan di kedua sisi dada dan tekan ke tanah. Angkat tubuh bagian atas dari lantai hingga siku lurus vertikal.

4. Side stretch

gerakan yoga relaksasi
Ilustrasi pose yoga side stretch (Unsplash/Katie Lue)

 

Bagian samping perut, menurut Stephanie, merupakan sisi yang acap lupa untuk diregangkan. Jadi, bisa dengan melakukan pose yoga side stretch. Gerakan dimulai dengan duduk menyilangkan kaki, kemudian angkat lengan kanan ke atas. Tekuk tubuh ke kiri sejauh yang Anda bisa. Tangan kiri letakkan rata di atas tanah untuk menjaga keseimbangan. Lakukan sisi sebaliknya dan setiap pose dilakukan selama 30 detik.

5. Corpse pose

gerakan yoga relaksasi
Ilustrasi pose yoga untuk relaksasi (iStockphoto)

 

Stephanie menyarankan pose ini ke klien-kliennya supaya merasa lebih rileks dan tenaganya pulih kembali. Corpse pose lebih dari sekedar pose istirahat, tetapi juga membantu menjernihkan pikiran, mengurangi stres dan kecemasan, serta menurunkan tekanan darah.

Pose terakhir ini juga dilakukan sebagai gerakan meditasi. Yaitu dengan berbaring telentang dan tangan terentang. Posisikan punggung terasa nyaman dan telapak tangan menghadap ke atas. Anda juga bisa menggerakkan satu tangan di perut dan satunya lagi di jantung.

Ketika melakukan pose yoga, tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui hidung pula. Dengan begitu, Anda bisa merasakan udara naik dari perut ke dada.