5 Gerakan Sederhana untuk Mengatasi Sakit Pinggang
Ilustrasi sakit pinggang (Unsplash/Kindel media)

Bagikan:

JAKARTA – Sakit pinggang bisa disebabkan berbagai faktor. Jika disebabkan oleh terlalu banyak duduk atau salah posisi tidur, Anda bisa mengatasinya dengan melatih otot pinggang. Tetapi, disarankan sebelum melakukan gerakan latihan otot pinggang perlu diredakan dulu rasa sakitnya.

Menurut arahan instruktur fitnes dan kesehatan yang dipublikasikan oleh akun BodyFit by Bagus di YouTube, ada lebih dari 5 gerakan sederhana yang bisa dilakukan untuk melatih otot pinggang. Tujuannya agar tidak gampang sakit dan lebih kuat. Tertarik mencoba gerakan berikut selagi di rumah?

Gerakan pertama, berbaring dengan menangkat kedua kaki ke arah dada. Kalau dalam pose yoga, gerakan ini disebut happy baby pose. Ketika mengangkat kedua kaki, usahakan pantat ikut sedikit terangkat ke atas. Tumpuan pada punggung bagian tengah, belikat, dan pinggang.

gerakan menyembuhkan sakit pinggang
Gerakan sederhana menyembuhkan sakit pinggang

 

Gerakan selajutnya, kedua, selonjorkan satu kaki. Kaki lainnya angkat ke arah dada dan ditekan perlahan. Lakukan hingga 15 hitungan sambil mengatur napas tetap stabil.

gerakan menyembuhkan sakit pinggang
Gerakan sederhana menyembuhkan sakit pinggang

 

Lakukan gerakan kedua untuk kedua kaki. Lakukan gerakan selanjutnya, seperti gerakan pertama tetapi paha agak dibuka.

gerakan menyembuhkan sakit pinggang
Gerakan sederhana menyembuhkan sakit pinggang

 

Gerakan ketiga disusul dengan menempelkan telapak kaki. Dimulai dengan berbaring dan menyatukan telapak kaki kanan dan diri. Perlahan angkat ke atas sambil menghitung dan mengatur napas. Pose ini bisa ditahan sekuatnya.

gerakan menyembuhkan sakit pinggang
Gerakan sederhana menyembuhkan sakit pinggang

 

Apabila pinggang terlalu sakit, Anda bisa berkonsultasi dahulu pada dokter maupun fisioterapis sehingga mendapatkan arahan sesuai kondisi tubuh.

gerakan menyembuhkan sakit pinggang
Gerakan sederhana menyembuhkan sakit pinggang

 

Nah, gerakan keempat yaitu dengan memeluk lutut di dada. Ketika melakukan pose ini, otot pinggang dan punggung terasa lebih rileks.

Untuk gerakan penutup, Anda bisa merilekskan seluruh tubuh dengan posisi berbaring dan kedua tangan di samping badan, telapak tangan menghadap ke atas. Gerakan-gerakan ini cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah.