Mengatasi Susah Tidur, Cobalah 5 Gerakan Yoga untuk Pemula
Ilustrasi yoga di atas kasur (Unsplash/Mathilde Langevin)

Bagikan:

JAKARTA - Aktivitas yang paling dibutuhkan tubuh ketika lelah adalah tidur. Namun, tidur nyenyak tak jarang susah didapat. Ini jadi persoalan, kurang tidur akan menurunkan performa dan fitalitas tubuh. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba gerakan yoga.

Yoga termasuk salah satu dari enam ajaran filsafat timur, khususnya ajaran Hindu. Yoga berkembang sejak ribuan tahun lalu. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yuj yang memiliki arti penyatuan jiwa, kesadaran, dan tubuh fisik.

Teknik yoga melibatkan regangan otot, napas, keseimbangan, serta fleksibilitas tubuh untuk mencapai keselarasan jiwa, kesadaran serta fisik. Praktik yoga terdiri dari enam macam, antara lain hatha yoga, astanga yoga, power yoga, bikram yoga, iyengar yoga, dan kundalini.

Ketika mengalami sulit tidur atau dalam kasus paling parah insomnia, Anda dapat mencoba gerakan-gerakan yoga untuk pemula berikut di bawah ini.

Viparita Karani

Gerakan yoga pertama ini dikenal dengan legs up the wall. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan menjadi menaikkan kaki ke dinding. Cara pertama, duduklah di lantai dengan posisi tubuh menghadap tembok. Lalu naikkan kaki ke dinding dan perlahan turunkan punggung serta kepala ke lantai.

Posisikan kaki lurus sejajar dengan tembok, ratakan punggung dengan lantai atau kasur. Kemudian letakkan kedua tangan di setiap sisi tubuh. Arahkan telapak tangan keatas dan atur napas tetap rileks. Gerakan ini dilakukan selama 1 hingga 5 menit.

Ananda Balasana

Disebut juga happy baby pose, gerakan ini bisa bermanfaat membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Efeknya, Anda akan mendapatkan tidur lebih nyenyak.

Cara melakukan gerakannya, pertama, berbaring diatas matras. Kedua, tekuk lutut ke arah dada dan gapai telapak kaki dengan tangan. Buka lutut sesuai dengan lebar tubuh dan lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Balasana

gerakan yoga untuk susah tidur
Ilustrasi gerakan yoga (Unsplash/Katee Lue)

Selanjutnya, gerakan child’s pose atau balasana. Pertama, ambil posisi berlutut diatas matras. Duduk bertumpu pada kaki dengan dua ibu jari kaki saling bersentuhan.

Kemudian turunkan tubuh bagian atas, luruskan kedua lengan ke atas. Sebisa mungkin kening menyentuh matras. Ketika melakukan posisi ini, bernafaslah dalam-dalam dan tetap rileks. Lakukan posisi ini selama 1 menit.

Supta Baddha Konasana

Gerakan ini sering disebut dengan reclining bound angle pose dan dilakukan diatas kasur. Bisa dimulai dengan mengambil posisi berbaring yang nyaman. Lalu satukan kedua telapak kaki sehingga membentuk kaki katak.

Letakkan tangan kiri diatas perut sambil merasakan naik turunnya diafragma sejalan dengan ambil dan mengeluarkan nafas. Sedangkan tangan kanan diletakkan di dada dan lakukan selama 15 kali nafas atau kurang lebih 1 menit.

Paschiomottanasana

gerakan yoga untuk susah tidur
Ilustrasi wanita beryoga (Unsplash/Ben)

Terakhir, gerakan untuk mendapatkan tidur nyenyak disebut juga dengan seated forward bend pose. Caranya, duduk dengan kaki selonjor dan berusaha mencium lutut dengan bantuan tangan memegang telapak kaki. Usahakan punggung lurus.

Agar memudahkan pose, pertama arahkan pandangan lurus ke depan. Ketika punggung sudah lurus, rilekskan kepala seolah jatuh ke tanah. Gerakan ini bisa dilakukan selama 2 menit hingga terasa seluruh tubuh rileks.

Ritme nafas penting untuk setiap gerakan yoga, maka Anda perlu mengaturnya dan ambil posisi paling rileks.