Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga yoga dilakukan dengan berbagai tujuan, namun secara umum adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun untuk mencapai kesehatan, disarankan untuk melakukan yoga secara teratur. Lalu berapa kali yoga dalam seminggu sebaiknya dilakukan?

Berapa Kali Yoga dalam Seminggu?

Seperti diketahui, yoga adalah salah satu olahraga yang baik untuk tubuh dan pikiran. Gerakan yoga membantu menyeimbangkan kesehatan tubuh dan pikiran sehingga masalah yang berpotensi memicu gangguan di tubuh bisa teratasi seperti kecemasan, stres, dan hingga kekauan otot.

Namun untuk mencapai tujuan seperti yang disebutkan sebelumnya, jadwal yoga harus dilakukan secara teratur. Bahkan disarankan untuk melakukan yoga tiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berapa kali yoga sebaiknya dilakukan dalam seminggu bisa dilihat dari level keahlian yakni beginer, intermediate, advanced.

Dikutip dari onepeloton, instruktur yoga Mariana Fernandez memberikan pedoman berdasarkan level yang dimiliki oleh pelaku yoga yakni sebagai berikut.

  1. Beginer

Level beginer atau pemula disarankan untuk melakukan yoga 3x dalam seminggu. Beginer disarankan untuk membiasakan diri melakukan gerakan yoga yang bervariasi serta mengenal postur tubuh.

  1. Intermediate

Level ini satu tingkat di atas beginer. Bisa dibilang level ini kelas menengah. Bagi pelaku yoga yang memiliki level ini disarankan untuk melakukan yoga setiap hari. Level ini disarankan untuk memperbanyak gerakan variatif yoga.

  1. Advanced

Level advanced memiliki level paling tinggi. Di level ini pelaku yoga biasanya melakukan gerakan tersebut setiap hari. Namun Mariana menyarankan untuk menghindari kelelaahan. Agar tetap konsisten lakukan latihan yoga dua atau tiga hari setiap minggu dalam tujuh hari.

Tips Melakukan Yoga Secara Teratur

Melakukan yoga secara teratur memang cukup sulit dilakukan, terutama jika Anda adalah orang yang cukup sibuk karena pekerjaan. Namun tak ada alasan untuk tidak melakukan yoga secara teratur. Berikut ini tips yoga agar teratur.

  1. Fokus pada Tujuan

Tips pertama agar yoga bisa teratur adalah tetap fokus pada tujuan yang ingin didapatkan dari yoga. Misalnya, Anda ingin menjaga kesehatan dengan yoga, maka usahakan untuk menghindari tujuan lain di luar alasan kesehatan saat melakukan yoga.

  1. Motivasi Diri Sendiri

Motivasi jadi salah satu kunci keteraturan dalam melakukan yoga. Tak mudah untuk memotivasi diri sendiri. Namun Anda harus berusaha agar kegiatan tersebut bisa dilakukan setiap hari.

  1. Curi Waktu

Salah satu kelebihan yoga adalah bisa dilakukan kapan saja bahkan dalam waktu singkat. Jika dalam seminggu Anda cukup sibuk, cobalah untuk melakukan yoga di sela-sela jam istirahat selama 20 menit. Atau Anda bisa melakukan yoga sebelum tidur selama 15 menit.

  1. Bawa Kebutuhan Yoga

Cobalah untuk menyediakan alat-alat kebutuhan yoga seperti matras atau baju khusus. Dengan begitu Anda bisa melakukan yoga tanpa membingungkan peralatannya.

Selain terkait berapa kali yoga dalam seminggu, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.