Bagikan:

JAKARTA - Indonesia U-23 sudah legowo menerima kekalahan atas Irak U-23 dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Pada laga yang dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis, 2 Mei 2024, Garuda Muda takluk 1-2 atas Singa Mesopotamia.

Kekalahan itu berarti Indonesia U-23 gagal merebut tiket lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024. Soalnya, jalur langsung ke Perancis hanya didapat oleh tiga terbaik Piala Asia U-23 2024.

Meski demikian, masih ada satu kesempatan lagi meraih tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024, yaitu melalui playoff antarkonfederasi.

Indonesia selaku peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 akan berjumpa Guinea U-23 yang menghuni tempat keempat Piala Afrika U-23 2023.

Karena masih punya peluang terakhir ke Paris, Shin Tae-yong tak ragu untuk tetap mengapungkan optimisme.

"Selamat kepada Irak U-23 yang melaju ke Olimpiade (Paris 2024). Ya, ini tentu hasil yang disayangkan. Kami sudah melakukan yang terbaik."

"Kami masih punya satu kesempatan lagi untuk berangkat ke Olimpiade. Saya akan berusaha sebaik mungkin memanfaatkan kesempatan terakhir untuk berangkat ke Olimpiade. Harapan saya adalah empat tim Asia akan berpartisipasi di Olimpiade," tutur Shin Tae-yong.

Optimisme itu membuat Shin Tae-yong mengalihkan fokus ke playoff Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dia pun ingin anak asuhnya melupakan kekalahan atas Irak U-23. Pelatih asal Korea Selatan itu membangkitkan semangat Garuda Muda dan mengapresiasi penampilan pada perebutan peringkat ketiga.

"Kedua tim berjuang keras untuk mendapatkan tempat ketiga dan tiket ke Olimpiade. Kedua tim melakukannya dengan sangat baik dan berusaha keras."

"Izinkan saya berterima kasih kepada tim saya, para pemain saya, atas upaya besar mereka dalam pertandingan."

"Saya harus melakukannya dengan baik (pertandingan melawan Guinea U-23). Para pemain sangat lelah, mereka benar-benar kelelahan."

"Sekitar dua atau tiga hari kami hanya fokus pada pemulihan. Saya bahkan tidak akan membiarkan pemain menyentuh bola."

"Setelah itu, kami punya waktu tiga atau empat hari untuk melakukan beberapa latihan taktis dan menganalisis lawan kami," ujar Shin Tae-yong.

Indonesia U-23 kalah dalam babak perpanjangan melawan Irak U-23 meski sempat unggul melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19.

Namun, Irak U-23 berhasil comeback di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis, 2 Mei 2024. Mereka menyamakan kedudukan lewat gol Zaid Tahseen (27') dan mencetak gol kemenangan pada menit ke-96 yang disumbangkan Ali Jasim.

Sementara itu, laga Indonesia U-23 vs Guinea U-23 di playoff Kualifikasi Olimpiade Pari 2024 akan tersaji di Stadion Centre National du Football, Perancis, pada Kamis, 9 Mei 2024.