Kronologi Drama <i>Snowdrop</i> Dikecam Warganet Korea Selatan
Jung Hae In - Jisoo (JTBC)

Bagikan:

JAKARTA - Saluran televisi JTBC resmi menayangkan episode pertama drama Korea Snowdrop pada Sabtu, 18 Desember waktu Korea Selatan. Drama yang dibintangi Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK ini sangat dinantikan penggemar.

Seiring dengan tayangnya Snowdrop, sebuah kontroversi kembali muncul karena drama ini diduga mendistorsi sejarah Korea di zaman gerakan pro-demokrasi. Sebenarnya protes ini bukan yang pertama datang dari masyarakat.

Awal Kontroversi

Maret lalu, masyarakat meminta konfirmasi JTBC mengenai sinopsis Snowdrop yang sempat beredar di internet. Warganet juga mendapat penggunaan nama yang mirip seperti nama para aktivis yakni Eun Young Cho yang berubah menjadi Young Ro.

Saat itu, pihak JTBC menegaskan kalau Snowdrop akan berkisah tentang romansa Soo Ho (Jung Hae In) dan Young Ro (Jisoo BLACKPINK). Kisah gerakan demokrasi dan pemilihan Presiden di tahun 1987 hanya menjadi latar belakang semata.

Petisi Baru

Tayang dua episode, drama Snowdrop kembali dipetisi pada Senin, 20 Desember. Setidaknya lebih dari 267 ribu orang meminta penayangan drama ini dihentikan.

Lewat drama tersebut, pihak mata-mata dari Korea Utara digambarkan sebagai salah satu demonstran. Padahal, para demonstran itu mengalami tekanan dengan dibunuh di tengah era gerakan demokrasi.

“Korea adalah demokrasi, sesuatu yang diperoleh dengan kerja keras, rasa sakit, dan pengorbanan banyak orang. Karena pengaruh budaya Korea yang berkembang, ini saatnya mempertimbangkan kembali distorsi sejarah di media,” begitu keterangan petisi di Cheon Wo Dae melansir KoreaTimes.

Selain itu, karakter Soo Ho digambarkan sebagai mata-mata yang melakukan pelarian. Young Ro yang menemukan Soo Ho menganggap dia adalah seorang aktivis. Hal ini membuat warganet khawatir jika drama ini meromantisasi mata-mata.

Naskah

Melalui salah satu wawancara, Jung Hae In mengaku hanya bergantung dengan naskah tanpa melihat fakta sejarah. Ia beralasan karena kejadian tersebut berlangsung di tahun 1987 sementara dia lahir di tahun 1988.

"Saya lahir di tahun 1988 jadi saya tidak mengalami di tahun 1987. Ada banyak drama yang diadaptasi dari waktu tersebut tapi jawabannya ada di dalam naskah," kata Jung Hae In.

Brand

Sejumlah brand yang muncul dalam dua episode Snowdrop meminta maaf dan menarik sponsor mereka. Meskipun produk mereka muncul di beberapa adegan, warganet Korea Selatan merasa kecewa dengan bentuk dukungan tersebut.

Selain itu, petisi perhentian drama Snowdrop juga terus ditandatangani. Pihak JTBC menjelaskan kalau tidak ada karakter mata-mata yang menjadi pemeran utama dalam drama ini. Mereka berharap masyarakat bisa menyaksikan episode yang akan datang untuk menemukan jawabannya.

Snowdrop menceritakan Soo Ho yang mengejutkan asrama wanita tempat Young Ro tinggal. Soo Ho datang dalam keadaan berdarah dan Young Ro berusaha menyembunyikan Soo Ho dari bahaya.

Selain keduanya, Snowdrop juga dibintangi Jang Seung Jo, Yoo In Na, Kim Hye Yoon, Yoon Se Ah, Jung Yoo Jin, dan lainnya. Drama ini bisa disaksikan di Disney+ setiap Jumat dan Sabtu.