Merayakan Hari Ibu Tanggal 22 Desember, 2 Film Indonesia Ini Siap Membuatmu Terharu
Ilustrasi Hari Ibu (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Pada hari ini, masyarakat diajak untuk mengenang kembali jadi ibu yang telah merawat anak-anaknya. Tahun ini ada dua film Indonesia baru yang mengambil tema Hari Ibu.

Pertama, film Tentang Ibu. Tentang Ibu merupakan karya musisi sekaligus aktivis, Melanie Subono. Bersama Agung Rahadian sebagai Executive Producer, Melanie Subono juga menggandeng Reza Nangin sebagai Sutradara serta Dennis Nussy sebagai Music Director hingga menjadikan film Tentang Ibu sarat akan pesan bermakna yang memadukan musik daerah yang menguatkan cerita.

Film Tentang Ibu siap tayang di SCTV bertepatan dengan momen perayaan Hari Ibu yakni pada hari Rabu, 22 Desember 2021 mulai pukul 12.00 WIB. Sementara di aplikasi Vidio sudah tayang lebih dulu sejak tanggal 1 Desember 2021.

Digawangi oleh Jajang C. Noer dan Khiva Iskak, film Tentang Ibu akan mengajak pemirsa mencintai kekayaan tanah air dari 5 pulau di Indonesia, 5 kearifan lokal, 5 tradisi, namun 1 kesamaan yakni kekuatan tokoh wanita di setiap daerah.

Film Tentang Ibu diangkat dari sebuah pesan mendiang B.J. Habibie untuk mencintai Ibu, Ibu Bumi, dan Ibu Pertiwi. Kisah bermula ketika Faiz (Khiva Iskak) yang berupaya untuk mencari keberadaan sang ayah demi membahagiakan sang Ibu (Jajang C. Noer).

Faiz hanya bermodalkan foto pernikahan dan kain peninggalan sang ayah hingga membawanya mengelilingi Indonesia yakni ke 5 pulau, menjumpai 5 kearifan lokal, 5 lagu daerah, dan 5 tradisi. Setelah melalui perjalanan panjang, Faiz menyadari bahwa hanya kekuatan Ibu yang membawanya bertahan hingga saat ini. Doa Ibu lah yang selalu mengiringi kemanapun Faiz pergi. Kota Ambon menjadi tujuan akhir bagi Faiz untuk kembali pulang ke pelukan sang Ibu.

Berikutnya, film Just Mom produksi terbaru Hanung Brahmantyo dijadwalkan rilis pada 27 Januari 2022. Film yang diproduseri oleh Hanung Brahmantyo dan Palwoto ini disutradarai oleh Jeihan Angga ini, diperankan oleh Christine Hakim (Ibu Siti), Ayushita (Murni), Niken Anjani (Pratiwi), Ge Pamungkas (Damar), dan Toran Waibro (Jalu).

Film Just Mom mengangkat cerita tentang Siti, seorang Ibu yang kehilangan perhatian dari anak-anak kandungnya, yang sudah mapan dan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Untuk mengisi masa sepinya, ia memutuskan untuk merawat Murni, seorang ODGJ gelandangan yang tengah hamil tua.

Meski keputusannya tersebut ditentang oleh anak-anaknya, tapi Siti tetap nekat merawat Murni walau kondisi fisiknya sendiri juga melemah, akibat penyakit kanker yang dideritanya. Jeihan Angga selaku sutradara mengungkapkan bahwa film ini terasa spesial dan personal baginya.

“Bersama dengan para penulis kami mengumpulkan banyak cerita yang berhubungan dengan Ibu, apa yang kami tuliskan dalam skenario adalah kumpulan dari cerita – cerita yang sangat personal bagi kami

dan juga penonton lainnya. Film ini pastinya bisa dinikmati oleh semua orang, karena pada dasarnya setiap dari kita memiliki seorang Ibu”, ungkap Jeihan.

Hanung Bramantyo selaku produser mengatakan sangat senang dengan hasil dari filmnya. Bisa dipastikan setiap orang yang keluar dari bioskop menonton film ini, akan langsung ingin menyapa sosok Ibunya masing – masing.

“Jeihan menampilkan film yang sangat hangat, chemsistry yang dihadirkan oleh berbagai pemain melengkapi cerita filmnya”, tutur Hanung Bramanto.