Gelontorkan Rp2,03 Triliun, Konglomerat Hartono Bersaudara Melalui Blibli Resmi Caplok Ranch Market
Gerai Ranch Market. (Foto: Dok. SkyscraperCity)

Bagikan:

JAKARTA - Grup Djarum milik konglomerat Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono melalui Blibli (PT Global Digital Niaga) resmi mengakuisisi saham perusahaan ritel PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) alias Ranch Market pada Kamis 30 September.

Dilansir dari bisnis.com, duo orang terkaya di Indonesia itu membeli mayoritas saham Ranch market di atas harga pasar. Blibli telah menyelesaikan pengambilalihan 797.888.628 (797,88 juta) saham RANC, atau sekitar 51 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Disebutkan bahwa, Blibli mencaplok saham mayoritas RANC pada harga Rp2.550, sehingga total transaksi pengambilalihan mencapai Rp2,03 triliun. Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang saham RANC, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr. David Kusumodjojo, Suhamo Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

Sebagai informasi, saham RANC menguat 3,42 persen ke level Rp2.420 pada akhir perdagangan Kamis 30 September. Ini berarti akuisisi oleh Blibli di harga Rp2.550 di atas harga pasar. Transaksi saham RANC di pasar reguler tercatat mencapai 5,18 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp12,47 miliar.

Namun, di pasar negosiasi, terdapat transaksi sebanyak 811,1 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp2,1 triliun. Di mana transaksi itu hampir seluruhnya dilakukan oleh investor domestik.

Berdasarkan data RTI, top sellers maupun top buyers saham RANC di pasar negosiasi adalah BCA Sekuritas dengan kode broker SQ. Seperti diketahui, BCA Sekuritas merupakan entitas PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), yang merupakan bagian Grup Djarum.

Untuk diketahui, pasar negosiasi adalah perdagangan antar pemegang saham yang dilakukan secara individu. Namun, proses jual beli tetap melalui perusahaan sekuritas dan tercatat dalam sistem perdagangan efek.

Menurut Direksi Global Digital Niaga, tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.