Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) kembali menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan dan kelestarian lingkungan. Pada Sabtu 6 Juli, perusahaan yang bergerak di industri smelter nikel ini melakukan aksi nyata dengan menggelar kegiatan bersih lingkungan di desa lingkar perusahaan, tepatnya di Desa Bungintimbe, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara yang melibatkan seluruh karyawan dari berbagai divisi.

Pada tahun 2024 ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digaungkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memiliki tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Diharapkan, tema ini menjadi pengingat dalam menyelesaikan persoalan perubahan iklim melalui inovasi dan teknologi.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Utara, Ni Wayan Evi Yuniarti dalam mengatakan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini merupakan momen yang tepat untuk mengingatkan seluruh elemen masyarakat mengenai pelestarian lingkungan.

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Morowali Utara sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PT GNI, karena kegiatan ini merupakan aksi sekaligus kampanye ke masyarakat untuk menjaga lingkungan serta mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Ni Wayan.

Ni Wayan juga mengutarakan harapannya kepada PT GNI agar perusahaan dapat terus melakukan aksi-aksi serupa kedepannya.

“Kami berharap, setiap Hari Lingkungan Hidup, PT GNI dapat selalu melakukan aksi-aksi seperti ini. Aksi membersihkan sampah, maupun aksi penanaman pohon, untuk mengadaptasi perubahan iklim,” sambungnya.

Selama aksi bersih-bersih, para peserta berhasil mengumpulkan lebih dari ratusan sampah, yang kemudian dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Proses pemilahan sampah ini tidak hanya membantu mengurangi volume sampah yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya memilah sampah untuk memudahkan pembuangan dan pengolahan kembali serta mengurangi pencemaran lingkungan karena senyawa berbahaya dari limbah sampah.

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu komitmen nyata perusahaan dalam pelestarian lingkungan. Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan edukasi dan pemahaman karyawan terkait pentingnya menjaga lingkungan.

“Ini merupakan kontribusi nyata perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, dan kami percaya bahwa aksi sederhana seperti membersihkan lingkungan sekitar dapat memberikan dampak yang signifikan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya kami untuk meningkatkan kesadaran karyawan kami tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Mellysa.

Kegiatan ini, menurut Mellysa juga merupakan program untuk melatih karyawan serta masyarakat untuk menciptakan generasi muda yang inovatif dan solutif terhadap permasalahan lingkungan hidup.

“GNI berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan menjadi bagian dari budaya perusahaan. Kami juga berkomitmen untuk terus mendukung dan melaksanakan program-program yang berfokus pada keberlanjutan dan pelestarian lingkungan,” tutup Mellysa.