Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Senior Bidang Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura Amy Khor di Bali Nusa Dua Convention Center.

Pertemuan ini membahas pengaman pantai dan manajemen banjir yang dilakukan oleh Singapura dan Indonesia.

Basuki mengatakan, semua garis pantai di Indonesia merupakan prioritas yang harus diamankan.

"Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Semuanya adalah prioritas, utamanya di Pantai Utara Jawa yang membentang dari Jakarta sampai Surabaya. Setiap tahun mengalami penurunan 10-12 cm," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 22 Mei.

Untuk meningkatkan infrastruktur pengamanan pantai perlu dilakukan sharing knowledge antara Indonesia dan Singapura.

"Kami perlu mendiskusikan lebih lanjut upaya untuk meningkatkan infrastruktur. Indonesia akan menunjukkan apa yang telah dimiliki, begitu juga dengan Singapura. Saya harap, kami bisa membangun kolaborasi," ujarnya.

Menteri Amy mengatakan Singapura saat ini dalam tahap mempelajari pengaman pantai.

Adapun untuk manajemen banjir, Singapura telah membangun 15 kolam bawah tanah ukuran olimpiade yang digunakan untuk menampung air hujan.

"Kami membagi garis pantai menjadi beberapa bagian dan melihat karakteristiknya masing-masing. Kami yakin Indonesia lebih ahli dalam hal ini dan kami bisa belajar dari satu sama lain. Kami tertarik untuk berkolaborasi dalam pengaman pantai dan manajemen banjir," ucapnya.

Dia mengaku, terinsipirasi untuk menyelenggarakan Singapore Water Week seperti gelaran World Water Forum ke-10 di Bali ini.

"Forum ini sangat terorganisasi dengan baik dan semuanya cantik. Terima kasih atas keramahannya," imbuhnya.