Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,45 persen atau 32,3 poin ke angka 7.336,75 pada perdagangan Selasa 19 Maret. IHSG diproyeksikan menguat pada level support sebesar 7.302 dan resistance sebesar 7.361 pada perdagangan hari ini, Rabu 20 Maret.

Tim Analis Phintraco Sekuritasmelihat dari sisi teknikal, Relative Strength Index (RSI) sedang bergerak turun menuju area oversold, sementara pada moving average convergence divergence (MACD) terjadi sideaways. IHSG akan konsolidasi dalam rentang 7.300-7.350 pada hari Rabu.

Pasar sedang menantikan rilis data global, termasuk inflasi Inggris untuk bulan Februari. Inflasi Inggris diprediksikan turun dari 4 persen pada bulan Januari menjadi 3,50.

"Sebuah sinyal yang cukup menjadi perhatian mengingat penurunan ini terjadi seiring dengan koreksi Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris yang turun dari 0,00% menjadi -0,30 persen,” kata tim riset Phintraco Sekuritas.

Adapun penurunan ini mengindikasikan adanya perlambatan perekonomian yang disertai dengan penurunan tingkat konsumsi.

Selanjutnya, pasar juga menantikan data ekonomi global seperti hasil pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Rabu 20 Februari lalu. FOMC diproyeksikan akan mempertahankan suku bunga pada level 5,5-5.50 persen.

"Keputusan ini akan sangat mempengaruhi sentimen pasar global karena dapat memberikan gambaran tentang arah kebijakan moneter di Amerika Serikat dan dampaknya terhadap pasar keuangan global secara keseluruhan."

Di sisi domestik, investor dinilai masih cenderung wait and see terkait rilis data suku bunga Bank Indonesia yang dijadwalkan pada Rabu ini. Bank Indonesia diproyeksikan akan mempertahankan suku bunga pada level 6,00 persen. Keputusan ini mencerminkan sikap kehati-hatian BI di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang relatif stabil.

Selain itu, di hari yang sama akan diumumkan hasil pemilu 2024, yang menandai akhir dari periode pesta demokrasi dan mengurangi uncertainty risk di pasar. Saham-saham yang patut dicermati antara lain JPFA, ICBP, BTPS, PTPP, CTRA, dan GJTL.